Gara-gara Ini, Tiga WNA Malaysia Bakal Kena Hukuman Mati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Gara-gara Ini, Tiga WNA Malaysia Bakal Kena Hukuman Mati

Hukuman-mati

FAJAR.CO.ID LOMBOK – Kasus penyelundupan narkoba dengan tiga tersangka asal Malaysia segera disidangkan.

Ini setelah jaksa peneliti Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan berkas perkara ketiganya telah lengkap. Ketiga tersangka tersebut, yakni KJJ (21), LCW (24), dan WYC (21).

Kasi Tindak Pidana Umum Lainnya (TPUL) Kejati NTB Ginung Pratidina mengatakan, berkas yang sempat dikembalikan kepada penyidik kepolisian, telah jaksa terima kembali.

Dari berkas tersebut, Ginung menyatakan tidak ada petunjuk tambahan yang akan diberikan jaksa.

”Jadi sudah siap kami nyatakan P21. Kemungkinan pekan depan bisa dilakukan tahap II,” kata Ginung (18/10).

Langkah jaksa saat ini, lanjut dia, menyusun dakwaan terhadap ketiga tersangka. Nantinya, berkas perkara ketiganya tidak akan menjadi satu, melainkan dibagi sesuai dengan jumlah tersangka.

Terkait dengan pasal yang disangkakan, Ginung mengungkapkan bahwa ketiga penyelundup tersebut akan dikenakan Pasal 112, 113, dan 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dikenakannya pasal 113 terhadap ketiga pelaku dikarenakan mereka membawa sabu dari Malaysia menuju Indonesia.

”Kita pakai pasal 113 karena ada unsur mengimpornya. Itu jelas sekaligus menguasai dan mengedarkan, jadi ada pasal 112 dan 114 di dalam dakwaan nantinya,” terang dia.

Lebih lanjut, Ginung mengatakan, ketiga tersangka tidak dikenakan pasal 127 sebagai pengguna narkoba. Sebab saat dilakukan tes urine, hasilnya negatif.

”Negatif sebagai pengguna, jadi pasal tersebut tidak kami masukkan,” tambahnya.

Dengan sangkaan pasal yang dikenakan jaksa, tiga pelaku terancam hukuman maksimal, yakni hukuman mati. Ini melihat pasal 113 ayat 2, di mana ketiganya terbukti membawa sabu seberat 1,9 kg.

Diketahui, ketiga kurir asal Malaysia ini tertangkap di Lombok International Airport (LIA) awal Agustus lalu. Saat dilakukan penggeledahan petugas menemukan sabu seberat 1,9 kg di dalam pakaian dalam masing-masing pelaku. (Fajar/Jpg)

loading...
Click to comment
To Top