Masuk Indonesia Tanpa Dokumen, Polisi Sita Tiga Mobil Malaysia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Masuk Indonesia Tanpa Dokumen, Polisi Sita Tiga Mobil Malaysia

FAJAR.CO.ID, KAPUAS HULU – Polres Kapuas Hulu menyita tiga unit mobil Malaysia di lokasi berbeda, yakni di Kecamatan Semitau dan Badau. Mobil Malaysia itu tidak memiliki dokumen kendaraan. Saat ini ketiga mobil tersebut disita di Mapolres Kapuas Hulu.

“Sementara ini kita tangani. Kita buatkan laporan polisi (LP). Dalam waktu dekat kita akan koordinasi dengan Bea Cukai. Karena kalau masalah Kepabeanan itu di sana (Bea Cukai), mereka yang berwenang,” ungkap KBO Reskrim Polres Kapuas Hulu Iptu Rizal dikutip dari Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Selasa (1/11).

Rizal mengatakan, setelah berkoordinasi dengan Bea Cukai, kasus tersebut segera dilimpahkan ke kantor kepabeanan tersebut. Bea Cukai yang memutuskan proses sanksinya.

“Yang jelas kita sudah buatkan laporan polisi, karena dokumen berkendara mereka tidak ada,” kata Rizal.

Diamankannya mobil Malaysia itu, setelah jajaran Polres Kapuas Hulu melakukan program Operasi Lintas Kapuas di jalur perbatasan Indonesia-Malaysia. Tujuannya, menertibkan barang-barang ilegal asal Malaysia, termasuk kendaraan. 

Diketahui, mobil Indonesia dilarang masuk Malaysia. Sebaliknya, mobil dari Negeri Jiran itu malah berkeliaran di wilayah NKRI.

“Mobil Malaysia diperbolehkan masuk ke wilayah Indonesia, kalau memiliki dokumen lengkap, terutama roteks,” jelas Rizal.

Mobil yang disita, yakni dua unit dari Kecamatan Semitau dan satu unit dari Kecamatan Badau. Ketiga mobil tersebut dikendarai Demonsius Alai dan Unang yang diamankan di Kecamatan Badau.

Sedangkan satu unit mobil lainnya, sopirnya di tahan di Rutan Kelas III Putussibau. Dari ketiga kendaraan tersebut, dua di antaranya produksi Toyota dan merek Kembara. Dua tidak memiliki plat kendaraan, sementara yang satu unit bernomor QKT 7948. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top