Siti Zuhro: Akar Masalah Bukan Prabowo, tapi… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Siti Zuhro: Akar Masalah Bukan Prabowo, tapi…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik Siti Zuhro menilai pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto cukup baik sebagai satu pembelajaran berbangsa dan bernegara.

Ketika pertemuan tersebut dikaitkan dengan aksi demo pada 4 November nanti, Siti melihatnya kurang siginifikan dan pengaruhnya nyaris tidak ada.

“Sebab realitasnya Prabowo adalah Ketua Umum Partai Gerindra. Dia bukan ketua ormas Islam atau pemuka agama,” kata Siti, di Jakarta, Selasa (1/11).

Terkait dengan aksi demo 4 November lanjutnya, yang perlu direspon presiden adalah bagaimana menyelesaikan akar masalah, mengapa demo yang akan melibatkan jumlah sangat besar itu muncul?

“Akar masalah itu bukan di Prabowo dan kapasitas untuk meredam keresahan ummat muslim yang terlanjur meluas itu juga bukan di Prabowo,” tegas dia.

Jokowi ujar Siti, harus menyelesaikan masalah keresahan, kekecewaan ummat Islam dengan memahami secara jernih akar masalahnya.

“Tuntutan ummat Islam adalah menuntaskan kasus penistaan agama. Ini berkaitan langsung dengan keyakinan ummat Islam tentang ajarannya, tentang Al Quran yang diyakini mutlak kebenarannya,” kata Siti.

Dia tegaskan, dugaan penistaan agama ini sangat menyakitkan. Ada atau tidak pilkada ujar Siti, isu agama merupakan hal yang sensitif. Ini tidak bisa dianggap enteng. Apalagi menggunakan Al Quran untuk testing the water.

“Bangsa Indonesia mestinya bijak, belajar dari sejarah, beberapa lesson learned yang pernah ada dan solusi yang pernah diambil untuk menyelesaikannya patut dibaca kembali sehingga hal-hal yang tidak perlu terjadi tak terulang kembali,” imbuhnya. (Fajar)

To Top