Bareskrim Ungkap Lingkaran Pungli di Tanjung Perak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

Bareskrim Ungkap Lingkaran Pungli di Tanjung Perak

Bareskrim Polri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Satgas Dweling Time bentukan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri membongkar kasus pungutan liar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Dari pengungkapan itu, tim menangkap seseorang berpangkat direktur.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Brigjen Agung Setya mengatakan dari hasil pengungkapan pertama sekira dua pekan yang lalu, ditangkap Direktur PT Ankara, Augusto Hutapea.

“PT Ankara ini adalah perusahaan yang dibuat sebagai perusahaan topeng untuk  bisa memungut pungutan liar di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak,” kata Agung di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/11).

Jenderal bintang satu ini menjelaskan, PT Ankara mengoperasionalkan kontainer yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak seakan-akan bekerjasama dengan satu institusi di pelabuhan dan mensyaratkan setiap kontainer harus menyerahkan dana Rp 500 ribu.

“Dana terkumpul dan kemudian disalurkan kepada pihak-pihak tertentu di sana,” ucap dia.

Dana yang terkumpul dari PT Ankara lalu diserahkan kepada salah satu pihak yakni Direktur Operasional PT Pelindo III Rahmat Satria. “Dana itu, kita juga menemukan diserahkan ke RS. Dari RS sudah kita sita uang Rp 600 juta saat menggeldah Selasa 1 November 2016,” katanya.

Dari hasil pengembangan kasus, diketahui RS sudah menerima dana sejak 2015 hingga 2016 sekira Rp 3,9 miliar. “Semua kita sita jadi totalnya ada Rp 4,5 miliar,” jelasnya.

Atas kasus ini, baik Rahmat Satria dan Augusto Hutapea ditetapkan sebagai tersangka kasus tindak pidana pemerasan. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top