Kawal Demo Pakai Peci dan Sorban, IPW: Polri Jangan Lebay – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Kawal Demo Pakai Peci dan Sorban, IPW: Polri Jangan Lebay

polisi-pasukan-asmaul-husna

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengecam keras rencana Polri yang akan menurunkan aparat kepolisian dengan menggunakan peci dan bersorban dalam pengamanan aksi demo 4 November 2016.

Polri harusnya tetap profesional dan proporsional dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan masyarakat.

“Dalam situasi apapun Polri jangan lebay dan harus mampu menjaga profesionalismenya serta harus proporsional,” ujar Neta dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Rabu (2/11).

Menurut Neta, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dalam menjaga keamanan, Polri hanya bisa menggunakan pakaian seragam dan pakaian preman. Tidak ada ketentuan bahwa anggota Polri diperbolehkan mengenakan jubah dan sorban dalam menjaga keamanan.

Sebab, lanjut dia, Polri adalah anggota kepolisian nasional dan bukan anggota polisi keagamaan tertentu. Jika terjadi bentrok dalam aksi unjuk rasa itu, maka akan muncul kesan massa keagamaan tertentu mengalami bentrokan dengan polisi keagamaan.

“Ini akan merusak bangsa Indonesia ke depan,” ungkapnya.

Untuk itu IPW mendesak agar Polri membatalkan rencananya untuk menurunkan polisi berjubah dan bersorban. IPW tetap berharap Polri tetap profesional dan proporsional dan dan tidak berlebihan.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pihaknya akan menerjunkan pasukan Asmaul Husna ini dibentuk sesuai arahan Kapolri Jenderal Tito Karnavian agar demo berlangsung tenang dan damai.

Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 ini menambahkan, pasukan berpeci dan sorban itupun akan diarahkan mengawal demo di area Monas. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top