Simak! Ini 12 Peristiwa Penting di Tanggal 4 November dari Masa ke Masa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Simak! Ini 12 Peristiwa Penting di Tanggal 4 November dari Masa ke Masa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jelang aksi demo penistaan agama pada 4 November 2016 besok, segala parsiapan telah dilakukan, baik itu dilakukan aparat keamanan, maupun para demonstran.

Aksi ini menuntut agar calon Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, segera diproses hukum lantaran dianggap telah melakukan penistaan agama dengan pernyataannya tentang suarat Al Maidah 51. Untuk menjaga keamanan saat aksi, Mabes Polri mengerahkan Densus 88 untuk mencegah dan menangkal keterlibatan ISIS dalam aksi damai tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, Polri sudah mengantisipasi kekhawatiran itu dengan menerjunkan Densus 88 Antiteror.

“Kalau yang berkaitan dengan terorisme, ISIS itu ada tim yang lain lagi (Densus). Kalau yang mengantisipasi pengunjuk rasa, dia mengedepankan upaya-upaya persuasif, preventif,” kata Boy di Mabes Polri, Rabu (2/11/2016).

Sebelumnya, Boy mengatakan sudah menerima surat pemberitahuan aksi demo. Dalam surat tersebut diperkirakan 100.000 pendemo akan menuju Istana Negara menuntut proses hukum kasus penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Ahok.

Jumlah itu jauh lebih sedikit dari yang disebutkan Juru Bicara FPI Munarman kepada wartawan kemarin, Selasa (1/11). Menurut Munarman, peserta yang sudah dipastikan ikut berjumlah 200 ribu dari target 500 ribu orang.

Sementar itu, Presiden Jokowi diingatkan untuk tidak meremehkan tekanan publik, terutama ormas Islam yang akan menggelar demo akbar di depan Istana Negara pada 4 November nanti.

“Pemerintah harus segera memproses Ahok secara hukum dalam kasus penistaan Al Quran. Sebab kasus ini bisa melahirkan tekanan publik luar biasa. Dan tentunya, pemerintah atau Presiden Jokowi tidak boleh meremehkannya. Sudah banyak contoh politisi atau elit politik yang jatuh karena desakan publik yang menuntut keadilan,” peneliti senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro kepada wartawan di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Dari segala fakta-fakta di atas, kita berharap, aksi akbar 4 November besok akan berlangsung aman dan terkendali. Para pendemo bisa menyampaikan aspirasinya dengan tertib, dan polisi tetap menjaga kemanan.

Selain itu, tak ada salahnya, sebagai pengetahuan kami kembali mengulas secara singkat 12 peristiwa penting pada 4 November yang terjadi dari masa ke masa. Berikut ulasannya:

  1. 4 November 1429 – Perang Sipil Armagnac Burgundia: Joan of Arc membebaskan Saint-Pierre-le-Moutier.
  2. 4 November 1576 – Perang 80 Tahun: Di Flanders, Spanyol menangkap Antwerpen (setelah tiga hari kota ini hampir hancur).
  3. 4 November 1791 – Perang Indian Barat Laut: Di Ohio, gabungan Barat orang Indian menang besar atas Amerika Serikat dalam Pertempuran Wabash.
  4. 4 November 1918 – Perang Dunia I: Austria dan Hongaria menyerah kepada Italia.
  5. 4 November 1918 – Revolusi Jerman dimulai saat 40 ribu pelaut merebut pelabuhan di Kiel.
  6. 4 November 1921 – Perdana Menteri Jepang Hara Takashi tewas dibunuh di Tokyo.
  7. 4 November 1956 – Tentara Soviet memasuki Hongaria untuk mengakhiri Revolusi Hongaria.
  8. 4 November 1979 – Krisis sandera Iran: Kelompok radikal Iran merebut kedubes Amerika Serikat di Teheran dan menyandera penghuninya selama 444 hari.
  9. 4 November 1995 – Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin terluka parah dalam sebuah unjuk rasa damai di Tel Aviv oleh Yigal Amir.
  10. 4 November 2007 – Presiden Pervez Musharraf menyatakan keadaan darurat di Pakistan.
  11. 4 November 2010 – Aero Caribbean Penerbangan 883 jatuh di tengah sebuah provinsi di Kuba bernama Provinsi Sancti Spíritus, menewaskan seluruh 61 penumpang dan 7 awak pesawat.
  12. 4 November 2010 – Qantas Penerbangan 32, sebuah Airbus A380, menderita kegagalan mesin saat terbang di wilayah udara Indonesia tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Changi. Para kru berhasil selamat kembali ke Singapura, dengan 469 penumpang dan awak.

Nah, selain aksi akbar menuntuk Ahok, apa yang bakal terjadi pada 4 November 2016 besok? kita nantikan bersama ya.. (Fajar/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top