Siti Zuhro: Sudah Terang Benderang, Ini Tuntutan Demo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Siti Zuhro: Sudah Terang Benderang, Ini Tuntutan Demo

Siti Zuhro

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Profesor Siti Zuhro menyatakan umat Islam tampak sangat solid dan konsisten memperjuangkan keadilan dengan demo yang elegan dan damai.

Substansi tuntutan umat Islam kali ini menurut Siti hanya satu agar Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diproses menurut hukum atas dugaan penistaan agama.

“Demo yang diikuti oleh massa yang jumlahnya sangat massive ini tidak hanya di Jakarta, tapi juga di beberapa kota besar di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Jawa Timur. Pesannya sangat jelas, yaitu tegakkan hukum dan keadilan,” kata Siti, Jumat (4/11).

Di negara demokrasi lanjut Wiwik, sapaan Siti Zuhro, hukum tidak boleh runcing ke bawah tapi tumpul ke atas.

Menurut Wiwik, Negara jangan bertindak tidak adil dengan cara selalu menuntut agar rakyat bertutur kata dan bertindak santun tapi membiarkan pejabat berkata dan bertindak sesukanya dan tidak santun.

“Dalam konteks demokrasi, ini benar-benar tidak adil. Hukum hanya untuk wong cilik dan terkesan tidak mampu menjamah pejabat yang berkuasa,” tegasnya. (Fajar)

loading...
Click to comment
To Top