Ini Tips Ampuh Jika Anda Terkena Gas Air Mata – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Ini Tips Ampuh Jika Anda Terkena Gas Air Mata

img-20161104-wa0028

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Gas air mata yang kerap digunakan aparat kepolisian untuk menghalau demonstran memiliki kandungan berbahaya.

Sejumlah artikel kesehatn menyebutkan, Gas air mata tidak hanya menyebabkan seseorang terkena iritasi pada mata dan sistem pernapasan. Tapi juga bisa membuat orang pingsan.

Efek gas air mata yang ditimbulkan masih terus berbekas untuk waktu yang cukup lama, terutama pada saluran pernapasan, pencernaan, dan sistem peredaran darah.

Selain mata perih dan sulit bernafas, gas air mata juga memiliki efek susulan yang akan timbul berupa rasa mual, mulas, dan diare.

Bahkan dalam jangka waktu panjang saluran pernafasan dan pencernaan menjadi amat rentan dan lebih sensitif.

Odol atau pasta gigi banyak dianggap sebagai penangkal ampuh gas air mata. Hal ini sebenarnya dari pemberian odol sebelum terkena gas air mata adalah agar mata jadi terbiasa dulu dan tidak kaget saat terpapar gas tersebut.

Lalu bagaimana cara mengantisipasi gas air mata?

Sebenarnya Cara paling jitu adalah menghindarinya. Namun, jika sudah terlanjur terpapar, maka sebaiknya senantiasa membawa bekal air dan handuk untuk menangkal serangan gas air mata.

Caranya dengan membasahi handuk dengan air bersih, lalu menempelkannya di mata yang terkena gas air mata.

Namun, jangan pernah handuk tersebut di gosokkan ke daerah mata, tetapi di tempelkan saja di daerah mata, karena organ indera penglihatan ini memiliki saraf senaitif.

Selain itu, sebaiknya menggunakan pakaian yang tertutup untuk mengurangi kemungkinan kulit bersentuhan secara langsung dengan butiran kristal gas air mata.

loading...
Click to comment
To Top