Lagi, Festival Wonderful Indonesia Hadir di Perbatasan Aruk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Lagi, Festival Wonderful Indonesia Hadir di Perbatasan Aruk

logo-wonderful-indonesia

SAMBAS – Festival Wonderful Indonesia kembali bakal menggebrak perbatasan lagi. Persisnya di Aruk, Sajingan Besar, Kab. Sambas 5-6 November 2016. Show yang menghadirkan artis penyanyi ibu kota itu bakal dilangsungkan di Lapangan Terminal Sajingan Besar Kabupaten Sambas, Kalbar. ”Kami berusaha mendatangkan wisatawan Malaysia ke tanah air. Karena itu, festival ini kami promosikan di perbatasan Malaysia-Indonesia,” ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana yang didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Asia Tenggara Rizki Handayani.

Pitana mengatakan, rentetan acaranya terdiri dari Karnival, pertunjukan seni-budaya, serta festival yang merupakan salah satu daya tarik atau atraksi wisata di perbatasan. Dia mengerti, bahwa di spot perbatasan ini jarang ada hiburan yang heboh, karena itu di acara festival ini selalu banyak pengunjung.
”Ini kami lakukan agar potensi yang dimiliki Kabupaten Sambas, Provinsi Kalbar semakin tereksplorasi dengan baik untuk pariewisata. Juga agar kawasan itu dijadikan gateway atau pintu gerbang untuk mendatangkan Wisman asal Malaysia. Kami sudah menggelar acara seperti ini, berkali-kali, dan hasilnya sangat positif,” katanya.

Rizki menambahkan, rangkaian kegiatannya berupa penyelenggaran seni dan budaya yang akan menampilkan artis lokal dan nasional, pagelaran kesenian tradisional dayak. Juga bazaar kuliner dan multiproduk, serta lomba-lomba daerah. ”Jelas targetnya adalah meningkatkan kunjungan wisman Malaysia Timur dan mempromosikan Wonderful Indonesia ke wisman khususnya asal Malaysia Timur. Ini juga untuk meningkatkan perekonomian daerah perbatasan,” ujar Rizki.

Kepala Bidang Festival Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Asia Tenggara, Eddy Susilo menjelaskan, acara yang akan dihelat nanti terdiri dari hiburan, perlombaan, pameran disiapkan dengan konsep acara hiburan konser musik, artis ibukota, outing demo kerajinan dan kesenian, perlombaan-perlombaan budaya, dam pameran multiproduk UMKM tradisional tanah air.

Untuk konser musik, imbuh Eddy, telah dipilih artis dangdut yang sudah menjadi idola masyarakat Malaysia yakni artis Ibukota Siti Badriah dan Selvi Kitty dan hiburan dangdut band lokal. ” Untuk tarian daerahnya akan ada tarian tradisional dayak  dan melayu, bazaar produk kreatif khas sambas,  games dan kuis berhadiah, pesta kembang api, jadi kami siapkan dengan menarik,”ujar pria berkacamata itu.

Bukan itu saja, imbuh Eddy, juga akan ada perlombaan tari kreasi Dayak Pangkak,  Gasing Menyumpit, Tenant Bazaar, Outing Fun Trail Biking Trekking Riam Merasap, Jungle Flying Fox dan booth Wonderful Indonesia activity tenun songket sambas seni tato Dayak.

loading...
Click to comment
To Top