Tudingan Jokowi Bikin Keruh Suasana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tudingan Jokowi Bikin Keruh Suasana

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan Aksi Bela Islam 2 menuntut Basuki Tjahaja Purnama diadili ditunggangi aktor politik, bisa makin memperkeruh suasana.

“Bahasanya sangat bersayap dan bisa menimbulkan multitafsir,” ujar Sekretaris Jenderal Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan Sya’roni kepada JPNN.com (Fajar Group), Sabtu (5/11).

Dia menegaskan, publik bisa secara liar akan menerka-nerka siapa pihak yang dituduh presiden.  

Hal itu justru bisa mengundang kegaduhan baru. “Kami para demonstran yang melakukan aksi demonstrasi merasa terlecehkan oleh pernyataan presiden tersebut,” kata Sya’roni.

Ia menilai, Jokowi secara tidak langsung telah menuduh para demonstran sebagai obyek tunggangan. Menurutnya, tuduhan itu sangat menyakitkan dan sekaligus cerminan presiden yang antikritik.

“Jika presiden dengan seenaknya menuduh aksi demontrasi ditunggangi aktor politik, apa bedanya dengan publik yang menuduh Jokowi melindungi Ahok?” tanya dia.

Seharusnya, sebagai presiden semestinya Jokowi tidak mudah melontarkan pernyataan yang tak berdasar. Presiden seharusnya bisa bertindak lebih bijak untuk mendinginkan suasana. Lebih bijak jika instropeksi terlebih dulu. Namun, tidak menutup kemungkinan bawahannya yang kurang tepat menyikapi aksi demonstrasi.

“Jika itu yang terjadi, maka evaluasi harus segera dilakukan,” tandasnya. (Fajar/jpnn)

Click to comment
To Top