Gayanya! Depan Polisi, 3 Pemuda Pengguna Narkoba Kaget Jarum Suntik Menularkan HIV/AIDS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Gayanya! Depan Polisi, 3 Pemuda Pengguna Narkoba Kaget Jarum Suntik Menularkan HIV/AIDS

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Banyak cara penyebaran virus HIV/AIDS. Selain kontak fisik berupa berhubungan intim, penyebaran penyakit yang belum ditemukan penawarnya itu juga bisa melalui aktivitas negatif menggunakan narkoba, terutama penyalahgunaan yang menggunakan jarum suntik bergantian.

Hal itulah yang dilakukan Daniel Damara (24), Ari Pranajaya (21), dan M Hamsi (23). Mereka diamankan jajaran Satresnarkoba Polresta Samarinda, dini hari kemarin (4/11) lantaran ketahuan sama-sama mengonsumsi narkoba. Mereka ditangkap saat beraktivitas di sebuah indekos Jalan Revolusi, Gang Parkit, Kelurahan Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang.

“Beberapa kali kami dapat laporan soal aktivitas mencurigakan di indekos tempat kami menangkap mereka,” sebut Kasat Resnarkoba Polresta Samarinda Kompol Belny Warlansyah. Indekos tersebut diketahui sengaja disewa hanya untuk tempat berkumpul dan “berpesta” narkoba.

Dalam pemeriksaan, aktivitas tersebut bukan kali pertama untuk Daniel dkk. Khususnya Ari dan Hamsi, keduanya bahkan sudah pernah direhabilitasi di Balai Rehab Tanah Merah BNN Kaltim beberapa bulan lalu. “Sempat berhenti. Karena diajak, jadi mengonsumsi lagi,” ungkap Ari. Senada, Hamsi pun menyebut dirinya tahu benar bahaya narkoba. Sayang, dia tak bisa mengontrol pergaulannya hingga kembali terjerumus ke dunia hitam itu.

Ari menyebut, biasanya mengonsumsi narkoba menggunakan alat isap atau pipet. “Ide memakai jarum karena ingin tahu rasanya,” ucap Ari. Mereka bahkan baru tahu dan kaget ketika dijelaskan soal kemungkinan penyebaran virus HIV/AIDS lewat penggunaan jarum suntik bersama.

Belny kemudian menerangkan, sampel darah mereka bertiga bakal dikirim ke laboratorium forensik Polda Jatim. “Bisa diketahui apakah ada virus HIV/AIDS dari mereka,” jelasnya. Perwira berpangkat melati satu itu kemudian mengimbau sejumlah apotek agar tidak menjual jarum suntik secara bebas. Mereka pun berencana merazia sejumlah warung yang ditengarai menjual pipet. (*/dra/*/ndy/k11)

loading...
Click to comment
To Top