Kali ini Amin Rustam tak Bisa Mengelak, CCTV Merekam Aksinya Mencongkel Pintu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Kali ini Amin Rustam tak Bisa Mengelak, CCTV Merekam Aksinya Mencongkel Pintu

Rustam yang tersangkap setelah aksi pencuriannya terekam CCTV

Rustam yang tertangkap setelah aksi pencuriannya terekam CCTV

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA- Rustam alias Amin (28) sejauh ini mengaku hanya lima kali melakukan tindak pencurian. Modusnya mencongkel pintu maupun jendela rumah korbannya.
Hasil penyidikan polisi, tercatat baru dua warga yang sudah membuat laporan. Satu warga yang menjadi korban melapor di Polsekta Samarinda Ilir dan seorang lagi di Polresta Samarinda.

“Sejauh ini memang yang diakui lima tempat kejadian perkara (TKP), yang buat laporan resmi dua orang. Namun sudah cukup untuk dasar proses hukum lebih lanjut,” ujar Kasat Reskrim Kompol Sudarsono, didampingi Kasubnit Jatanras Ipda Kawan.

Guna memastikan pengakuan Amin polisi juga sudah mengelernya ke lokasi kejadian yang diakuinya. “Untuk mencocokkan keterangannya. Setelah kami cek memang lokasi yang disebutkan tersangka (Amin, Red) pernah terjadi pencurian,” tutur Kawan.

Polisi coba menelusuri kemungkinan ada TKP pencurian lain yang belum diakui Amin. “Kami juga sedang mengembangkan penyidikan, mengejar teman-teman tersangka lainnya,” beber Kawan.

Amin ditahan polisi dan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman kurungan penjara lima tahun.

Telah diberitakan, merasa salah, Tamrin alias Amin langsung pasrah saat hendak ditangkap polisi di Jalan Siradj Salman, Samarinda Ulu. Begitu melihat polisi yang baru turun dari mobil dan memanggilnya, Amin segera mendekat. Tanpa banyak bunyi, setelah diperlihatkan surat penangkapannya Amin pun manut ikut polisi, Selasa (1/11) lalu.

Wajah Amin memang tak asing bagi polisi. Demikian Amin juga ada mengenal beberapa polisi. Maklum, pemuda yang tak punya tempat tinggal tetap itu pernah ditangkap 2014 lalu. Kasusnya ditangani jajaran Polresta Samarinda, karena melakukan serangkaian pencurian.

Ditangkapnya Amin kali ini pun karena kasus pencurian. Hasil penyelidikan polisi, Amin sudah beberapa kali membobol rumah kosong. Bahkan Amin dan seorang temannya yang namanya sudah dikantongi polisi, tak segan bertindak nekat. Amin yang beraksi membekali diri dengan senjata tajam akan menodong pemilik rumah jika aksinya dipergoki. Modusnya Amin mencongkel jendela atau pintu rumah korbannya menggunakan obeng.

Penangkapan Amin berawal penyelidikan yang dilakukan polisi. Saat mendatangi salah satu tempat kejadian perkara (TKP), polisi memeriksa sejumlah saksi dan mencocokkan ciri orang yang dicurigai. Saat melakukan olah TKP, polisi juga menemukan closed circuit television (CCTV). (fajar/rin)

Click to comment
To Top