Masih Sepelehkan Demam Berdarah? Disini Sudah 25 Orang Tewas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Masih Sepelehkan Demam Berdarah? Disini Sudah 25 Orang Tewas

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN  –  Masyarakat terus diimbau untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Juga melakukan upaya pemberantasan jentik dan sarang nyamuk. Sebab, demam berdarah sudah menjadi ancaman nyata. Sampai akhir Oktober sudah menelan 25 korban jiwa.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Suheriyono. Dia menyebut, tak hanya korban jiwa, jumlah kasus juga terus mengalami peningkatan. “Sudah 3.549 kasus. Masih ada dua bulan lagi sebelum tutup tahun,” ujarnya.

Dia berharap kasus demam berdarah tak sampai pada Kejadian Luar Biasa (KLB). Makanya kegiatan 3M plus menabur bubuk abate harus terus digalakkan. Apalagi Balikpapan sudah masuk musim penghujan. Masyarakat harus lebih waspada terhadap tempat-tempat penampungan air.

“Awalnya dari tempat penampungan air muncul jentik. Makanya warga harus sering membersihkan lingkungan dan menghilangkan genangan air. Seperti di pot bunga, ban bekas dan talang air, “ pesannya.

Sementara penaburan abate sendiri bisa diulang tiga bulan sekali. Makanya, menguras dan  menutup tempat penampungan air, serta mengubur barang bekas perlu lebih diintensifkan. (rsh)

To Top