Komnas HAM Ikut Usut Demo Ricuh 4/11 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Komnas HAM Ikut Usut Demo Ricuh 4/11

Masa saat bentrok dengan aparat saat demo di depan Istana Merdeka di Jakarta, Jumat (4/11). Mereka berunjuk rasa menuntut pemerintah untuk mengusut kasus dugaan penistaan agama dengan terlapor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)  akan menurunkan tim investigasi untuk mengusut kasus dugaan pelanggaran HAM dalam Aksi Bela Islam II yang digelar Jumat lalu (4/11). Rencana Komnas HAM itu disampaikan ketuanya, Imdadun Rahmat saat menerima pengaduan Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) di Jakarta, Senin (7/11).

“Kami sudah menerima laporan pengaduan Fokal IMM terkait dugaan pelanggaran HAM pada aksi Bela Islam II 4 November. Masih ada dokumen maupun keterangan saksi yang kami butuhkan. Namun itu bisa disusulkan nanti,” kata Imdadun.

Terkait jatuhnya korban meninggal saat Aksi Bela Islam II atau yang kini dikenal dengan sebutan 4/11, Imdadun meminta bukti-bukti pendukung. Antara lain hasil visum dokter dan keterangan saksi yang menyaksikan kronologis meninggalnya korban.

Begitu juga soal dugaan tentang gas air mata yang masuk dalam daftar larangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) namun digunakan untuk membubarkan massa 4/11, Komnas HAM akan meminta pendapat ahli. Hal itu penting untuk mengetahui jenis-jenis gas air mata yang digunakan pada demo yang diikuti ratusan ribu orang itu.

Sedangkan Sekjen Fokal IMM Azrul Tanjung menyatakan, pihaknya akan menyiapkan seluruh dokumen dan bukti-bukti yang dibutuhkan Komnas HAM. Sebab, banyak korban berjatuhan dalam aksi 4/11. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top