KPK Periksa Anggota DPRD Kota Bekasi Terkait Kasus Bupati Buton – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

KPK Periksa Anggota DPRD Kota Bekasi Terkait Kasus Bupati Buton

194013_461519_kpk_jpcom

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pengembangan terkait dengan kasus dugaan suap yang dilakukan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun dalam perkara sengketa Pilkada Buton di Mahkamah Konstitusi (MK) 2011 silam terhadap mantan Ketua MK Akil Mochtar.

Sampai Hari ini, Selasa (8/11) penyidik KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap belasan orang saksi termasuk La Ode Agus Mu’min yang ikut diperiksa hari ini. Untuk diketahui, Agus Mu’min merupakan anggota DPRD Kota Bekasi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Samsu Umar Samiun,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi, Priharsa Nugraha.

Saat ditanya keterkaitan Agus Mu’min dalam kasus yang menyeret Ketua DPW PAN Sultra itu, Priharsa belum bisa membeberkannya kepada awak media dengan alasan belum menanyakan hal itu kepada penyidik yang menangani kasus tersebut. “Nanti ditanyain dulu ya,” katanya singkat.

Diketahui, Umar Samiun dalam kasus ini mengaku memberikan uang kepada Arbab Paproeka, bukan kepada Akil Mochtar. Pasalnya, dirinya juga mengaku tidak pernah bertemu atau berkomunikasi dengan Akil Mochtar. Ia memberikan uang sebesar Rp1 miliar kepada Arbab Paproeka melalui rekening CV Ratu Samagat dibawah tekanan dan paksaan jika tidak memberikan uang maka kemenangannya bisa dianulir oleh Akil Mochtar.

Pernyataan tersebut dikuatkan dengan kesaksian Arbab Paproeka dihadapan penyidik KPK. Arbab mengaku saat itu memanfaatkan situasi Umar Samiun untuk memperoleh uang. Setelah uang tersebut ditransfer, Arbab pun tak pernah memberitahukan kepada Akil Mochtar.

“Saya hanya memanfaatkan situasi saja. Jadi sesunguhnya saya lah yang menginginkan uang itu,” katanya beberapa waktu lalu. (hrm/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top