Pembahasan Perda Poligami Tetap Dilanjutkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Pembahasan Perda Poligami Tetap Dilanjutkan

ginal-sambari

FAJAR.CO.ID, UNAAHA – Anggota DPRD Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Ginal Sambari mengaku tak akan berhenti menyuarakan pemberlakuan poligami. Menurutnya, rancangan peraturan daerah (Raperda) yang membolehkan pria menikah lebih sekali harus diterapkan.

“Raperda memang agak sedikit kontroversial, karena ada sebagian yang setuju ada juga yang menolak dengan alasan-alasan tertentu. Raperda ini masih harus diuji publik dan keputusan ada di tangan Rapat Rutin Prolegda (Program Legislatif Daerah),” kata Ginal seperti yang dilansir Kendari Pos (Jawa Pos Group).

Pria yang juga menjabat sebagai ketua Badan Kehormatan (BK) Dewan itu mengatakan Perda Poligami di Konawe sangat penting dengan pertimbangan yuridis, akademis dan sosial.

Misalnya, jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan luas wilayah di Konawe. Kemudian rasio yang didominasi oleh perempuan.

Disamping itu poligami juga tidak diharamkan oleh agama Islam, yang penting suami mendapat persetujuan dari istri pertama dan berlaku adil pada istri-istrinya.

“Di Konawe ini lebih banyak perempuan, lihat saja di Pilkada tahun lalu (2013), pemilih perempuan lebih banyak dari laki-laki. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Konawe juga menguatkan itu,” kata Ketua Badan Kehormatan ini.

Sementara itu, hasil penelusuran Kendari Pos ke data BPS Konawe justru menunjukan kenyataan berbeda. Dalam 5 tahun terakhir, populasi penduduk di daerah itu masihlah didominasi kaum pria.

Pada tahun 2011 saja jumlah laki-laki mencapai 126.102 jiwa sementara perempuan 120.696 jiwa dengan total 246.798 jiwa. Sedangkan tahun 2015 jumlah laki-laki adalah 119.716 jiwa dan perempuan 113.894 dengan jumlah keseluruhan 233.610. (Fajar/def/JPG)

loading...
Click to comment
To Top