Tolak Massa Aksi 4/11 Nginap di Gedung DPR, Ini Alasan Akom – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Tolak Massa Aksi 4/11 Nginap di Gedung DPR, Ini Alasan Akom

Ade Komaruddin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rencana peserta aksi unjuk rasa  organisasi masyarakat (ormas) Islam dan elemen masyarakat  menginap di Gedung DPR pada  Jumat (4/11) lalu batal.

Ketua DPR Ade Komarudin mengaku memerintahkan Sekretaris Jenderal DPR Winanungtyastiti, untuk  tidak membuka gerbang gedung parlemen agar para pengujuk rasa bisa menginap. Pasalnya Gedung DPR fungsinya bukan sebagai tempat untuk menginap.

“Ini tempat bekerja para wakil rakyat untuk kepentingan negara. Kan kita harus sesuai fungsi, ini kan bukan rumah untuk penginapan,” ujar pria yang akrab disapa Akom di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/11).

Menurut pria yang akrab disapa Akom, dirinya mendapatkan pertimbangan dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, kalau massa menginap di DPR maka aparat kepolisian tidak akan tanggung jawab.

Sepenuhnya, tanggung jawab berada di tangan pimpinan DPR, dalam hal ini adalah dirinya. “Saya koordinasi dengan aparat. Aparat tidak mengizinkan,” katanya.

Sebelumnya, pada Jumat (4/11) malam, massa bergerak dari depan Istana Negara menuju ke Gedung DPR. Tujuan mereka ke gedung wakil rakyat untuk menginap dan menumpang istirahat.

Namun setelah berdiskusi panjang, pimpinan DPR memutuskan tidak akan menampung para pengujuk rasa tersebut untuk menginap di Gedung DPR. Mereka akhirnya memilih istirahat dan tidur di depan Gedung DPR.

Sebagai konsekuensinya, pimpinan DPR memberikan ongkos ke para pengunjuk rasa agar bisa pulang ke kampung halamannya.

Sekadar informasi, pada Jumat, 4 November 2016, sejumlah ormas Islam dan elemen masyarakat menggelar unjuk rasa di depan Istana Negara.

Mereka melakukan unjuk rasa karena ingin menuntut kepolisian untuk menangkap Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang diduga telah melakukan penistaan terhadap kitab suci umat Islam, Alquran. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top