Dampingi Ahok di Bareskrim, Empat Anggota DPR Dilaporkan ke MKD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Dampingi Ahok di Bareskrim, Empat Anggota DPR Dilaporkan ke MKD

ruhut-sitompul

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Koalisi Penegak Citra DPR mengadukan empat wakil rakyat ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Ini karena para wakil rakyat itu ikut mengawal Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki T Purnama (BTP) alias Ahok ke Bareskrim Polri.

Empat anggota dewan itu adalah Ruhut Sitompul dari Fraksi Demokrat, dan tiga anggota Fraksi PDIP, Junimart Girsang, Trimedya Panjaitan dan Charles Honoris.

Pengaduan tersebut dibuat anggota koalisi Ahmad Hanafi dari Indonesia Parliamentary Center (IPC) dan Gurnadi Ridwan mewakili FITRA, Rabu (9/11).

Mereka menilai para wakil rakyat tersebut melakukan pelanggaran etika.

“Kami melaporkan dugaan pelanggaran kode etik terkait empat anggota DPR dalam proses pemeriksaan BTP. Karena mereka dilarang ikut kegiatan beracara. Kami ingin MKD memproses,” kata Hanafi.

Dalam pengaduannya, mereka melampirkan bukti foto ketika para teradu berada di kantor Bareskrim Polri.

Mereka khawatir kehadiran anggota dewan membuat proses hukum tidak berjalan secara independen.

“Kami mempertanyakan kenapa ada anggota DPR, kan tidak diperbolehkan. Sebaiknya DPR fokus sebagai fungsi pengawasan dan menghindari konflik kepentingan baik tugas DPR maupun d luar tugas DPR,” jelasnya.

Sebelumnya Junimart Girsang sudah membantah. Anggota Komisi III DPR itu menyatakan ia mendampingi Ahok karena ditugaskan partai.

Junimart dalam kapasitas Ketua badan Hukum dan Advokasi DPP PDIP. Begitu juga Trimedya, sebagai Ketua Bidang Hukum partai berlambang banteng monvong putih. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top