Sikap Donald Trump Soal Nuklir Perlu Diwaspadai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Sikap Donald Trump Soal Nuklir Perlu Diwaspadai

Republican presidential hopeful Donald Trump speaks at his South Carolina campaign kickoff rally in Bluffton, S.C., Tuesday, July 21, 2015. (AP Photo/Stephen B. Morton)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari berharap terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat tak hanya memberikan manfaat bagi kemajuan negara itu. Tapi juga untuk dunia, termasuk Indonesia.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini meyakini siapapun Presiden Amerika, pasti akan menjalankan kebijakan yang sesuai dengan agenda global dan kepentingan nasional negara tersebut.

“Amerika adalah Amerika,” kata Abdul Kharis, melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu (9/11).

Namun berkaitan dengan kebijakan global, ada hal yang perlu diwaspadai karena bisa berdampak tidak langsung terhadap ekonomi maupun politik Indonesia, yaitu soal senjata nuklir.

Ini berkaitan dengan pernyataan Trump pada masa kampanye lalu, bahwa Ia akan mempersilahkan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang mengembangkan senjata nuklir.

“Apabila Trump tidak berubah, kita akan melihat AS yang mendorong Korea Selatan dan Jepang mengembangkan senjata nuklir untuk menangani persoalan mereka dengan Korea Utara dan dengan China di Laut China Timur,” ujarnya.

Bila itu terjadi, katanya, maka tanpa kehadiran langsung AS di kawasan tersebut diduga akan meningkatkan tensi dan instabilitas.

Hal itu tentu akan berdampak tidak langsung bagi ekonomi-politik Indonesia. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top