Bebas, Antasari Gelar Syukuran dan Undang SBY – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Bebas, Antasari Gelar Syukuran dan Undang SBY

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar resmi telah bebas bersyarat atas kasus pembunuhan yang menimpa dirinya.

Antasari mengaku, setelah keluar dari Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas 1 A, Tangerang, dirinya berminat akan mengundang Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk merayakan kebebasannya.

“Saya ini sudah capek satu minggu ini. Banyak sekali provokasi, saya akan syukuran dan akan mengundang SBY,” ujar Antasari di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas 1A, Tangerang, Kamis (10/11).

Mantan Kasubdit Penyidikan Pidana Khusus Kejaksaan Agung tersebut menambahkan, dirinya mendekam secara fisik di LP Kelas 1A Tangerang selama 7 tahun 6 bulan. Total remisi yang ia dapatkan sejak 2010, sebanyak 4 tahun 6 bulan.

“Karenanya, bila dijumlah 12 tahun, itu dua pertiga dari 18 tahun dan haknya napi bebas bersyarat,” katanya.

Antasari juga mengaku akan membuka lembaran baru dalam kehidupannya, ia mengaku telah ikhlas dikorbankan akibat kekejaman politik.

“Saya mau pulang dengan hati bersih. Saya tidak mau bawa beban untuk keluarga,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Antasari dihukum 18 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah dalam kasus pembunuhan terhadap Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen, pada 2009.

Pembunuhan itu melibatkan tujuh terpidana lain termasuk bekas Kapolres Metropolitan Tangerang, Wiliardi Wizar.  Sejak ditahan pada 2010, mantan jaksa itu mendapat remisi 4,5 tahun.

Antasari baru bebas sepenuhnya pada 2022. Sebelum bebas bersyarat, Antasari menjalani asimilasi di kantor notaris Handoko Halim di Tangerang selama setahun sejak 13 Agustus 2015. Meski bebas bersyarat, dia masih diwajibkan melapor sekali sebulan ke Kejaksaan Negeri Kota Tangerang. (Fajar/JPG)

To Top