Bermodalkan Rp434 Miliar, Jaksa Ini Pimpin Kejari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Bermodalkan Rp434 Miliar, Jaksa Ini Pimpin Kejari

FAJAR.CO.ID, PEKANBARU – Dengan modal kiprahnya berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp 434 miliar saat memimpin Kejaksaan Negeri (Kajari) di Sangata Kalimantan Timur, kini Tety Syam diamanahkan untuk memimpin Kajari Pelalawan, Riau.

Mulai dari Rabu (9/11), Tety Syam menjadi kepala di Kejari Pelalawan setelah dilantik Kajati Riau Uung Abdul Syakur.

Sebetulnya bagi Tety Syam Provinsi Riau bukanlah daerah baru. Sebelumnya dia juga telah berkiprah di Kejari Kota Pekanbaru sejak 1993-2011. Di sana dia mengawal kariernya sebagai jaksa penuntut umum (JPU) hingga Kasidatun.

Tety Syam mengugkapkan, keberhasilannya yang paling berkesan sebagai jaksa yakni pernah menyelamatkan uang Negara kurang lebih Rp 434 miliar.

Pencapaian itu dilalkukan saat menjabat sebagai Kajari Sangata, Kalimantan Timur.

Penyelematan aset negara saat menangani perkara penjualan 5 persen divestasi saham PT Kaltim Prima Coal sebesar Rp 434 miliar. “Itu sekitar tahun 2014 lalu,” sebut Tety dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group), Kamis (10/11).

Pada saat itu Kejari Sangata mendapatkan amar putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai eksekusi uang tersebut.

Singkat cerita, berbagai upaya dan tenaga dikerahkannya agar permasalahan tersebut selesai. Hingga akhirnya  kerugian negara dapat dikembalikan ke kas Negara.

Diceritakan Tety, saat bertugas di Riau dia juga pernah menjabat sejumlah posisi strategis di Kejari Pekanbaru. Seperti Jaksa Penuntut Umum (JPU) hingga menjadi Kasidatun.

“Ya Alhamdulillah saya senang bisa balik lagi di Riau. Sebelumnya saya di Pekanbaru dari 1993 sampai 2011,” sebut Tety. (Fajar/JPG)

To Top