Jumlah Perokok Indonesia Terbesar di Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jumlah Perokok Indonesia Terbesar di Dunia

rokok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR, Ahmad Zinuddin meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengoptimalkan APBN 2017.  Terutama yang menyangkut peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“Sekarang ini, anggaran kesehatan menjadi alokasi terbesar kelima di APBN 2017. Jumlahnya mencapai Rp 104 triliun, atau 5 persen dari APBN,” ujar dia di Jakarta, Kamis (10/11).

Dia mengapreasiasi bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat setiap tahunnya, namun mengkhawatirkan jumlah perokok aktif di Indonesia. “Jumlahnya masih sangat besar,”tambah dia.

Data dari The Tobacco Atlas pada tahun 2015, menyebutkan Indonesia meraih peringkat satu dunia untuk jumlah pria perokok di atas usia 15 tahun. Data tersebut menunjukkan, sekitar 66 persen pria di Indonesia menjadi perokok aktif.

Sementara Rusia 60 persen dan China 53 persen. Di Asia Tenggara, Filipina (48 persen), Vietnam (47 persen), Thailand  (46 persen), dan Malaysia (44 persen).

“Pemerintah harus tegas, memperketat kebijakan tentang rokok. Rokok ini sumber berbagai penyakit,” cetus Zainuddin dalam keterangan resminya.

Oleh karena itu, Zainuddin mengajak masyarakat untuk mulai melakukan gaya hidup sehat. Di lain sisi, Zainuddin mendorong agar Germas mendapat dukungan luas dari berbagai kalangan.

Caranya adalah menyediakan ruang kampanye yang luas dan kebijakan infrastruktur pelayanan yang mendukung program tersebut.

“Misalnya, pemerintah harus menyediakan transportasi publik yang baik dan sehat, perbanyak fasilitas olah raga, perbanyak ruang tanpa rokok, perbanyak ruang terbuka hijau, hingga kebijakan pengetatan rokok. Pemerintah harus jadi teladan gaya hidup sehat,” tukasnya. (Fajar/rmol/JPG)

loading...
Click to comment
To Top