Lha, Bukan Cuma Buni Yani, Pemprov Juga Perlu Diperiksa Terkait Video Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

Lha, Bukan Cuma Buni Yani, Pemprov Juga Perlu Diperiksa Terkait Video Ahok

munarman-dan-buni-yani
FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Buni Yani diperiksa penyidik Bareskrim Mabes Polri terkait kasus penistaan agama dengan terlapor Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki T. Purnama.
Orang yang menggugah potongan video pidato Ahok tersebut dicecar dengan 28 pertanyaan.

“Jadi pertanyaan itu kurang lebih 28. Memang pertanyaannya poinnya 8. Tapi beranak, a b c, dan lain sebagainya. Dinyatakan dengan jelas dan gamblang bahwa pak Buni tidak pernah memenggal kata “pakai’ di video itu,” ujar jelas pengacara Buni Yani, Aldwin Rahadian, di Gedung Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta, Kamis (10/11).

Dijelaskannya, banyak akun lain selain Buni yang mengupload dengan durasi yang sama, 31 detik, juga dengan caption yang disampaikan.

“Jadi masing-masing akun yang mengupload, dia memberikan caption juga. Dan, sebelum tanggal 6 itu mengupload, itu sudah banyak yang mengkritisi itu. Video itu bukan disunting oleh Pak Buni, hanya mengaplod ulang,” paparnya.

Diterangkannya, pemeriksaan kali ini merupakan klarifikasi, bahwa tidak ada lagi peninggalan kata pakai dalam video. Sebab hal itu tidak dilakukan Buni.

Ia bahkan menawarkan diri untuk memberikan informasi ataupun bukti akun yang mengkritisi akun Buni.

“Akan kami siapkan. Tapi 1 hal kami mengapresiasi penuh hari ini pihak penyidik yang sangat cair, kami bisa sambil berdiskusi dan memperlakukan Pak Buni dengan cukup baik,” tambahnya.

Terkait barang bukti yang dibawa, sumber pertama video itu adalah Pemprov DKI. Sehingga Pemprov DKI harus dimintai keterangan pula.

“Kalaupun di dalamnya ada sangkaan Pak Ahok menista agama, harusnya diedit dulu oleh Pemprov DKI. Dia kan Langsung sebar ke Youtube dan kalau disebar artinya sudah milik publik,” tegasnya.

Ditegaskan, Buni mengambil upload video yang durasinya sudah 31 detik, dari akun Media NKRI, Buni tidak mengedit, tidak menyunting. “Jadi clear sebetulnya,” pungkasnya. [zul]

loading...
Click to comment
To Top