Mantap! 12 Kepala Daerah Deklarasi Anti Gratifikasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Mantap! 12 Kepala Daerah Deklarasi Anti Gratifikasi

Gubri menandatangani Deklarasi Anti Gratifikasi Se Provinsi Riau di H Pangeran, Rabu (9/11/2016)

FAJAR.CO.ID, PEKANBARU – Gratifikasi selama ini kerap menjadi momok bagi pejabat negara. Atas kekukasan yang dimilikinya, tidak jarang pejabat negara, mulai dari wali kota, bupati, gubernur hingga pejabat tinggi lainnya digoda dengan gratifikasi demi memuluskan niat jahat pihak tertentu.

Atas fenomena itu, wali kota dan bupati di Provinsi Riau bersumpah untuk antigratifikasi.

Sumpah itu dipimpin oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang disaksikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata.

Dikatakan Alexander Marwata salah satu yang menjadi alasan seseorang melakukan gratifikasi adalah kurangnya penghasilan yang diterima sehingga hadiah atau pemberian tersebut diterima.

Hal tersebut hampir terjadi di seluruh daerah di Indonesia.

“Namun kita tidak bisa serta merta menyalahkan oknum yang menerima gratifikasi tersebut, namun ada juga peran masyarakat di dalamnya,” ujar mantan hakim tipikor itu dilansir Riau Pos (Fajar Group), Kamis (10/11).

Untuk itu, Alexander mengimbau kepada pegawai negeri atau penyelengara negara untuk menolak gratifikasi. Begitu juga dengan kalangan dunia usaha dan masyarakat untuk tidak membiasakan diri memberikan sesuatu kepada pejabat negara.

“Gratifikasi ini bisa dikatakan kebiasaan yang membudaya, namun tentunya harus kita hentikan bersama,” tandasnya.

“Untuk itu KPK akan mengawal Provinsi Riau terkait dengan perbaikan sistem keungan daerah, termasuk peningkatan kapasitas SDM nya,” tandasnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top