Tertangkap Pungli, Oknum Anggota Polisi Disanksi Jadi Takmir Masjid 21 Hari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Tertangkap Pungli, Oknum Anggota Polisi Disanksi Jadi Takmir Masjid 21 Hari

Pungli1

FAJAR.CO.ID, MADIUN – Hanya karena menerima Rp 100 ribu dari seseorang yang berperkara, dua anggota Polres Madiun harus menjalani hukuman. Selain menerima teguran tertulis, anggota berpangkat perwira dan bintara itu resmi menjalani hukuman sejak Senin (7/11).

Kasi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Madiun Iptu Shinto menyatakan, dua anggota beda pangkat tersebut bersalah lantaran tertangkap tangan menerima sejumlah uang dari seseorang yang berperkara. Sidang disiplin Bripka S dan Ipda M telah dilaksanakan di Gedung Bhayangkara, Polres Madiun pada 3 November.

’’Keduanya mengaku bersalah,’’ jelasnya. Shinto menambahkan, Bripka S tertangkap basah menerima sejumlah uang di sebuah toko. Selain menerima teguran tertulis dan penempatan khusus, dia diwajibkan nyantri sekaligus menjadi takmir masjid selama 21 hari. ’’Kegiatannya ya mengaji, salat, hingga membersihkan masjid,’’ terangnya.

Sementara itu, Ipda M yang seminggu sebelumnya juga melakukan aksi pungli dikenai teguran tertulis. Bahkan, Ipda M harus mendapatkan penundaan pendidikan maksimal setahun. Namun, sewaktu-waktu hukuman tersebut bisa dicabut jika mereka dinilai banyak berubah.

’’Minimal enam bulan. Itu pun harus atas rekomendasi pimpinan (Kapolres Madiun, Red),’’ jelasnya.

Di sisi lain, Kapolres Madiun AKBP Sumaryono mengaku bakal mendorong Pemkab Madiun untuk segera membentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar (satgas saber pungli). Sejauh ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan badan kesatuan bangsa politik dalam negeri (bakesbangpoldagri). ’’Daerah lain saja sudah. Masak Kabupaten Madiun tidak membentuk?’’ ucapnya.

Menurut Sumaryono, pembentukan satgas saber pungli tidak harus menunggu kasus pungli. Namun, harus dibentuk guna mengantisipasi terjadinya pungli di kemudian hari. Dengan begitu, budaya penggunaan uang pelicin bisa ditekan dengan baik.

’’Kami segera mengadakan rakor (rapat koordinasi, Red) lanjutan dengan pemkab. Semoga dua minggu ke depan satgas terbentuk,’’ terangnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top