Usul Golkar Tarik Dukungan dari Ahok, Fadel Muhammad Dicopot – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Usul Golkar Tarik Dukungan dari Ahok, Fadel Muhammad Dicopot

Foto: Dok. Jpp/fajar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mencopot Fadel Muhammad dari posisi sekretaris dewan pembina di partai berlambang beringin hitam itu.

Pencopotan itu sebagai efek kritik keras Fadel terhadap Novanto terkait keputusan Golkar mendukung Basuki T Purnama alias Ahok dalam pilkada DKI. Menurut  Ketua Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPP Golkar Yorrys Raweyai, ada sejumlah hal yang mendasari pencopotan Fadel.

Namun, Yorrys menegaskan hal yang paling mencolok memang kritik Fadel soal langkah Golkar mengusung Ahok.

“Dia (Fadel) hanya diberhentikan sebagai sekretaris dewan pembina. Bukan pemecatan. Jadi diganti aja poisisinya,” kata Yorrys melalui sambungan telepon pada Jumat (11/11).

Lebih lanjut Yorrys mengatakan, Fadel tetap sebagai kader Golkar. Sebab, untuk memecat seorang kader ada mekanisme panjang.

Karena itu, Fadel hanya dicopot dari salah satu organ partai. Dari semula sekretaris dewan pembina, akhirnya menjadi anggota di dewan yang dipimpin Aburizal Bakrie itu.

Selain soal pilkada DKI, kata Yorrys, ada juga pertimbangan lain sehingga Novanto mencopot Fadel. Yakni terkait keputusan istri Fadel, Hana Hasanah yang maju pada pilkada Gorontalo melalui partai lain.

“Jadi banyak pertimbangan-pertimbangan. Yang pertama, statement dia menyalahi mekanisme. Ini kan politik saja. Ada soal pilkada, soal Ahok juga,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Politikus Golkar Fadel Muhammad tidak membantah pencopotannya sebagai sekretaris dewan pembina (wanbin) oleh DPP partai pimpinan Setya Novanto.

“Iya, dipecat oleh Pak Novanto dan Tomkei (sapaan Rum Kono-red),” ujar Fadel melalui sambungan telepon, Jumat (11/11).

Mengenai alasan pencopotan jabatannya dari wanbin, menurut Fadel karena dirinya mengusulkan agar Golkar menarik dukungan dari calon petahana Pilkada DKI Jakarta, Basuki T Purnama alias Ahok.

“Dulu saya ikut minta (Golkar) menarik dukungan (untuk Ahok). Ada sembilan (yang dicopot) dan banyak juga yang berhenti dari Golkar,” ujar mantan Gubernur Gorontalo ini.

Sebelumnya Fadel memang berkomentar keras soal langkah Golkar mendukung Ahok. Mantan gubernur Gorontalo itu bahkan mendorong partainya segera mengevaluasi dukungan ke Ahok yang kini menjadi terlapor kasus dugaan penodaan agama.(jpnn/fajar)

loading...
Click to comment
To Top