Abraham Samad: Harus Ada Aturan Perlindungan Bagi Komisioner KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Abraham Samad: Harus Ada Aturan Perlindungan Bagi Komisioner KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengaku bersyukur atas kebebasan bersyarat yang diterima Antasari Azhar. Samad berharap pimpinan KPK tidak lagi dijerat dengan upaya kriminalisasi.

“Kita harus bersyukur beliau sudah keluar dari tahanan. Ini harus menjadi pelajaran bagi kita semua rakyat Indonesia, dan ini ujian bagi KPK,” kata Abraham Samad di Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (11/11).

Samad menilai Antasari semestinya tidak dihukum terlalu lama. Selain itu, kata Samad, perlu ada undang-undang yang mengatur tentang perlindungan bagi komisioner KPK.

“Karena kalau enggak ada aturan tentang perlindungan pimpinan KPK, maka yg terjadi adalah apa yang dialami Pak Antasari, apa yang dialami saya, Pak BW (Bambang Widjojanto), dan teman-teman lain,” ujar Samad.

“Kalau serius ingin memberantas korupsi di Indonesia, maka harus ada aturan perlindungan bagi komisioner KPK agar mereka enggak ragu,” pungkasnya.

Antasari bebas dari Lapas Tangerang pada 10 November lalu. Dia bebas setelah menjalani masa pidana selama tujuh tahun enam bulan dari vonis hakim selama 18 tahun penjara atas pembunuhan bos PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnain.

Sejak 2010, total remisi yang dia peroleh selama 4 tahun 6 bulan. Dengan demikian, total masa pidana yang sudah dijalani, yakni 12 tahun.

Mantan Ketua KPK itu berhak mendapat bebas bersyarat setelah menjalani dua pertiga dari vonis 18 tahun penjara. Meski demikian, banyak yang meyakini jerat hukum yang dialami Antasari merupakan upaya kriminalisasi terkait jabatannya sebagai ketua KPK. (Fajar/jpg)

loading...
Click to comment
To Top