Berantas Korupsi, Pemerintah Harus Berikan Dana Besar Kepada KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Berantas Korupsi, Pemerintah Harus Berikan Dana Besar Kepada KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyatakan pemerintah Presiden Joko Widodo harus mengeluarkan anggaran besar untuk meperkuat lembaga antikorupsi.

Hal tersebut sebagai solusi bagi KPK yang dinilai Samad masih kekurangan secara infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

“Pemerintah sekarang harus memberikan uang sebesar-besarnya agar KPK bisa mengembangkan infrastruktur sampai ke daerah-daerah,” kata Abraham Samad dalam Seminar Nasional Antikorupsi di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (12/11).

Samad mengatakan, jika pemberantasan korupsi di Indonesia ingin berjalan dengan lebih masif hingga menjangkau seluruh daerah, maka KPK harus diperkuat dari segi infrastruktur kelembagaannya.

Menurut Samad, KPK harus hadir di setiap provinsi. “Tidak akan mungkin KPK tangani korupsi 31 provinsi dan ratusan kabupaten, kalau SDM nya tidak memungkinkan,” ujar Samad.

Samad mengaku KPK di masa kepemimpinannya telah melakukan pendekatan dengan DPR untuk memperbanyak personil di daerah. Sebab, kata Samad, perilaku korup pejabat di daerah selain ibu kota juga sangat tinggi.

Sayangnya, keinginan itu terbentur masalah anggaran. “Belum diterima DPR karena alasannya menyangkut anggaran. Membutuhkan anggaannya besar,” pungkas Samad. (Faja/jpg)

To Top