Kejati Mangkir dari Praperadilan, Netizen Bikin Meme – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Kejati Mangkir dari Praperadilan, Netizen Bikin Meme

63868_82949_meme-kejati

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Timeline social media simpatisan Dahlan Iskan tengah ramai menggunjingkan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur yang mangkir dari sidang praperadilan. Mereka bahkan sampai ada yang membuat meme berisi sindiran terhadap instansi pimpinan Maruli Hutagalung itu.

Meme berbentuk komik strip dengan desain pop art itu awalnya beredar di grup Demi Indonesia Satu (DIS), lalu menyebar secara viral. Dalam meme itu diceritakan ketidakkonsistenan Kejati Jatim menghadapi gugatan praperadilan Dahlan Iskan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Misalnya pernyataan Kasi Penyidikan Pidana Khusus Dandeni Herdiana yang sempat menyatakan siap menghadapi praperadilan Dahlan Iskan

Kenyataannya, pernyataan Dandeni itu tak konsisten. Sebab pada sidang perdana praperadilan di PN Surabaya, Jumat (11/11), pihak Kejati Jatim tak hadir tanpa pemberitahuan. Padahal hakim tunggal Ferdinandus menyatakan surat pemanggilan untuk Kejati Jatim sudah dilayangkan sesuai aturan hukum.

Beragam tanggapan disampaikan netizen menyikapi meme tersebut. Misalnya akun Adhi Basuki yang menyatakan, ”Makin kentara rekayasanya”. Ada juga akun Lokot Dzone yang mengatakan, “Kl rakyat bisa dijemput paksa khan?? Kl mereka boleh tak!??”. Akun Yatim SBhakti berkomentar, ”Iku jenenge preketek”.

TIm kuasa hukum Dahlan Iskan mencurigai ketidakhadiran Kejati Jatim tanpa pemberitahuan merupakan trik mengulur waktu. Mereka berupaya mempercepat proses pemberkasan penyidikan agar bisa segera dilimpahkan. Dengan begitu otomatis gugatan praperadilan Dahlan gugur. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top