Sindiran Abraham Samad, Ketua KPK Jangan Jadi Anak Manis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Sindiran Abraham Samad, Ketua KPK Jangan Jadi Anak Manis

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad mengatakan komisioner lembaga anti rasuah jangan seperti anak manis, yang hanya bertindak biasa-biasa saja, karena takut didiskriminalisasi.

Menurut Samad, dalam memimpin KPK mesti ada lompatan besar yang dilakukan dalam pemberantasan korupsi. Salah satunya, melakukan penindakan tanpa pandang bulu.

Disisi lain, lanjut Samad, jika pimpinan KPK melakukan hal tersebut, maka harus mau menerima konsekuensi terburuk, seperti ancaman untuk didiskriminalisasi, seperti yang pernah dirasakanya saat memimpin KPK.

“Saya kalau mau hidup tenang, saya tidak perlu jadi ketua KPK, saya sudah hidup tenang di Makassar,” kata Samad dalam seminar Nasional Pemberantasan Korupsi bertajuk “Peran Penegak Hukum dalam Memberantas Korupsi”, di Balai Sidang Univesitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/11).

Samad menambahkan, ketika seseorang telah memilih menjadi komisioner KPK, jiwa dan raga harus dipersembahkan untuk pemberantasan korupsi, dan menyerahkan ancaman serta kemungkinan-kemungkinan terburuk kepada sang pencipta.

Jika hal tersebut tidak dilakukan, papar ketua KPK periode 2011-2015 ini, pastinya akan muncul keragu-raguan dalam setiap kebijakan yang diambil untuk pemberantasan korupsi.

“Anda harus melakukan lompatan walau konsekuensi anda bisa dikriminalisasi. Kalau tidak, jadilah komisioner KPK yang biasa saja, menjadi anak manis. Saya tidak memilih jalan itu. Saya akan jalankan amanat rakyat. Tapi kalau tidak biasa, maka percayalah anda pasti dikriminalisasi seperti saya. Itu pilihan saya, saya tidak mau jadi pimpinan KPK biasa-biasa saja,” ujar Samad. [rus]

loading...
Click to comment
To Top