Seperti Ini Mekanisme Gelar Perkara Kasus Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Seperti Ini Mekanisme Gelar Perkara Kasus Ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bareskrim Polri bakal menggelar perkara dugaan penistaan agama dengan terlapor Basuki Tjahaja Purnama secara terbuka, besok sekira pukul 09.00 WIB. Gelar perkara yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Mabes Polri bakal dipimpin Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto.

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafil Amar menerangkan, sebanyak 20 saksi ahli dari kedua belah pihak terlapor dan pelapor disiapkan untuk hadir. Lalu, ada juga unsur internal Polri yang turut hadir pada gelar perkara itu.

“Ada penyidik, Biro Wasidik, Itwasum, dan Propam. Itu yang dari internal kita,” kata Boy di Mabes Polri, Senin (14/11).

Lalu lanjut Boy, untuk dari eksternal dari Kompolnas, Ombudsman serta Komisi III DPR yang dihadirkan secara random juga oleh Polri. Sengaja, dihadirkan ketiga unsur eksternal itu, kata Boy, karena Polri ingin memperkuat pengawasan gelar perkara.

“Dilihat sebagai representasi mewakili publik untuk melihat sejauh mana dinamika yang terjadi dalam proses gelar perkara,” kata dia.

Nantinya, terang Boy, gelar itu akan dibuka kabareskrim, lalu dilanjutkan pemaparan hasil penyelidikan dari penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum yang menangani perkara itu.

“Tim akan memaparkan berdasarkan hasil laporan masyarakat,” tambah mantan Kapolda Banten ini.

Selain itu, masyarakat yang menjadi pelapor perkara dugaan penistaan agama ini juga bakal diberikan kesempatan untuk memberikan penjelasan terhadap hal yang dilaporkan. Barulah para ahli bergiliran menyampaikan apa yang seharusnya mereka sampaikan di gelar itu.

“Ada ahli pidana, agama, bahasa. Disesuaikan keahliannya masing-masing,” jelasnya. “Apa yang dijelaskan akan dicatat oleh tim penyidik. Jadi mereka satu-satu diberi kesempatan untuk menjelaskan,” timpalnya.

Boy juga berkata bahwa para ahli ini adalah yang sudah pernah diperiksa Bareskrim selama dua pekan belakangan ini.

Dari gelar perkara itu maka nanti akan menjadi masukan besar bagi penyidik dalam penanganan perkara ini. “Hasil gelar perkara ini akan merumuskan keputusan, kesimpulan dalam proses penyelidikan apakah laporan yang jumlahnya ada 11 ini layak dinaikan penyidikan atau tidak,” kata dia.

Lulusan Akpol 1988 ini juga berkata, hasil dari gelar perkara, di mana menentukan maju tidaknya kasus yang menjerat Ahok ini akan dibeberkan antara Rabu dan Kamis. Yang mengumumkan adalah kabareskrim.

“Jadi kita tunggu nanti hasil gelar perkaranya dan akan disampaikan ke masyarakat luas,” tambahnya. Jenderal bintang dua ini juga menambahkan, untuk masyarakat yang mengikuti perkembangan kasus ini tak perlu melakukan penggerakan massa. Dan diharapkan tetap tertib. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top