Sudah Diperingatkan, Tapi Pemilik THM Masih Bandel, Ini Buktinya.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Sudah Diperingatkan, Tapi Pemilik THM Masih Bandel, Ini Buktinya..

FAJAR.CO.ID, TANJUNG REDEB – Dua malam berturut-turut, jajaran Komisi I dan Komisi II DPRD Berau, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sembilan tempat hiburan malam (THM) yang ada di Berau.

Sidak yang dibantu tim dari aparat, mulai berkumpul di sekretariat DPRD Berau pukul 21.00 Wita, pada Kamis (10/11) dan Jumat (11/11), sebelum mendatangi satu per satu THM yang ada di Kecamatan Tanjung Redeb, Teluk Bayur dan Sambaliung.

Menurut Ketua Komisi II M Yunus, pihaknya ingin meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak tempat hiburan. Tetapi, untuk memaksimalkan pendapatan dari sektor tersebut, seluruh THM yang ada harus mengantongi izin dari pemerintah daerah. “Karena jika tidak ada izin atau izinnya tak lengkap, tidak bisa juga kita menarik retribusi atau pajak untuk meningkatkan pendapatan daerah,” ucapnya kepada Berau Post, usai kegiatan.

Bukan sekadar menyasar PAD, selama sidak, pihaknya juga ingin menegaskan kepada pemilik THM agar memperhatikan administrasi kependudukan para pekerjanya. Sebab, pihaknya menemukan banyak pekerja luar yang belum mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) Berau.

“Kami bukan membedakan mana orang asli Berau atau pendatang, tetapi lebih kepada agar mereka memiliki kartu identitas,” jelasnya.
Dalam giat tersebut, Yunus dan anggota DPRD lainnya juga mengimbau pengunjung THM agar tidak menggunakan narkoba, apalagi menjajakannya di THM. Pihaknya juga meminta seluruh pemilik TMH agar menaati segala peraturan yang berlaku di Bumi Batiwakkal.

“Saya berharap kepada pemilik THM untuk bisa mematuhi aturan, saya juga meminta untuk THM tutupnya jangan lebih dari jam 01.00 Wita,” tegas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dari giat yang digelar dua malam berturut-turut tersebut, pihaknya masih menemukan beberapa THM yang tidak memiliki izin, serta THM yang menjajakan minuman beralkohol, walau pada peraturan daerah (Perda) minuman beralkohol, sudah diatur hanya bisa dijual di hotel berbintang lima dengan batas kadar alkohol di bawah lima persen. Selain itu, tim juga menemukan seorang pengunjung yang masih berusia 16 tahun di salah satu THM yang ada di Sambaliung. Bahkan, saat tim datang, pengunjung remaja tersebut terlihat tengah asyik mengisap rokok ditemani seorang wanita dewasa, serta beberapa botol minuman beralkohol yang ada di depan mejanya.

“Tetapi, kita belum untuk mengambil tindakan tegas, itu belum kita lakukan, sementara ini kita masih sebatas imbauan saja agar seluruh pemilik THM taat aturan,” pungkas Yunus. (*/art/udi)

loading...
Click to comment
To Top