Tebang Pohon, Malah Balik Ambruk Timpah Dua Orang, Satu Tewas Satu Kritis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Tebang Pohon, Malah Balik Ambruk Timpah Dua Orang, Satu Tewas Satu Kritis

FAJAR.CO.ID, GAYO LUES – Dua orang penebang kayu di Desa Perlak, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Aceh tertimpa pohon besar. Satu tewas dan lainnya mengalami luka berat.

Korban tewas, Seben Aman Anto, warga Desa Perlak dan rekannya, Lahat (35) mengalami luka memar. Dilansir Rakyat Aceh, kedua korban tertimpa pohon saat menebang pohon besar di kawasan di bendungan PLTA Desa Perlak.

Kapolres Gayo Lues AKBP Bhakti Eri Nurmansyah mengungkapkan, kejadian nahas itu terjadi pada Kamis (9/11) lalu. Diceritakan kapolres, dari keterangan saksi Manan (35), seminggu sebelum kejadian kedua korban pergi ke lokasi untuk menebang kayu mengunakan mesin chainsaw untuk digunakan sebagai bahan bangunan.

“Kala itu korban sempat berhasil menebang beberapa batang kayu berukuran besar. Selanjutnya mereka kembali menebang kayu berdiameter 1,5 s/d 2 meter,” ujar AKBP Bhakti Eri Nurmansyah dilansir Minggu (13/11).

Namun batang kayu tersebut tidak rebah. Sedangkan batangnya telah dipotong keliling. Plat chainsaw korban pun terjepit di batang kayu tersebut dan tidak terambil. Lantas keduanya pulang ke rumah masing-masing dan meninggalkan pohon besar tersebut.

Beberapa hari kemudian, keduanya kembali ke hutan tempat pohon kayu yang ditebang sebelumnya. Kali ini Seben Aman Anto dan Lahat mengajak rekannya yang lain, Samat dan Sar.

Lalu Seben Aman Anto dan Lahat kembali berupaya menumpangkan dua pohon yang ditebang beberapa hari itu. Mereka meneng tidak lagi menggunakna chainsaw, tapi kapak.

Sayang usaha menebang itu tidak berhasil hingga sore hari. Akhirnya kedua penebang kayu ini lantas kembali ke rumah masing-masing. Namun baru beranjak 40 meter dari lokasi pohon itu, tiba tiba batang kayu itu tumbang ke arah keduanya.

Seben Aman Anto tertimpa dahan kayu. Kondisinya remuk. Kepala hingga pecah. Lengan kanan patah. Kedua paha patah dan remuk.

Sementara Lahat Aman Aldi sempat melompat menjauh namun kepalanya sempat terkena bagian pohon hingga memar. Lahat berusaha meminta bantuan. “Kondisi korban Lahat sampai saat ini belum dapat dimintai keterangan karena  mengalami trauma berat, sedangkan korban meninggal dunia dimakamkan di TPU Desa Perlak,” pungkas  AKBP Bhakti Eri Nurmansyah. (fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top