Menegangkan, Begini Proses Pembebasan Sandera di Bandara Sentani Papua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Menegangkan, Begini Proses Pembebasan Sandera di Bandara Sentani Papua

FAJAR.CO.ID, SENTANI – Pihak Bandara Sentani melalui Otoritas Keamanan Bandara Sentani, menggelar latihan simulasi keamanan penerbangan, terhadap penanganan terorisme di Bandara Sentani. Hal ini guna mengantisipasi ancaman terorisme selama aktivitas penerbangan di Bandar Udara Klas 1A Sentani.

Simulasi pengamanan ini dilakukan di beberapa titik yang ada di Bandara Sentani, seperti di pintu 1, pintu 2, ruang tunggu keberangkatan bawah pintu 2.

Dalam latihan simulasi ini dilakukan penyanderaan oleh orang yang membawa senjata api serta suara tembakan dan pergerakan pasukan di sisi udara untuk menyelamatkan penyanderaan tersebut.

Kabandara Sentani, Agus Priyanto mengungkapkan, latihan simulasi teroris yang digelar merupakan bagian dari antisipasi ancaman terorisme di Bandara Sentani.

“Pada intinya kita tidak mengharapkan adanya serangan teroris seperti yang kita latihan, tetapi kalau kita siap menghadapi serangan teroris, saya yakin dengan latihan kita sanggup atasi teroris yang terjadi di Bandara Sentani,” katanya di Bandara Sentani, Senin (14/11) sebagaimana dilansir dari Cendrawasih Pos (Fajar Group).

Untuk mengantisipasi serangan teroris, pihaknya melibatkan seluruh unsur keamanan yang selama ini ada di Bandara Sentani, guna menjaga dan selalu mewaspadai adanya ancaman di bandara tersibuk di Papua ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Sentani, Budhi, Menyampaikan sampai saat ini kondisi keamanan di Bandara Sentani masih normal dan lancar, tetapi pihaknya hanya berlatih untuk mengantisipasi agar jika terjadi sesuatu, misalnya ancaman teroris pihaknya sudah siap untuk menghadapinya.

Dia, menjelaskan kalau di dunia bandara sendiri ada kategori hijau, kuning, itu dalam kondisi normal-normal saja masih dalam kendali bandara, tetapi kalau sudah kategori merah, maka komando pengendaliannya akan diambil alih oleh TNI dalam hal ini Danlanud. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top