Ahok Tersangka, Ini Kata Anies Baswedan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Ahok Tersangka, Ini Kata Anies Baswedan

anies

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan berharap agar penegakan hukum terus dijalankan dengan adil dan transparan. Hal tersebut disampaikan Anies setelah petahana calon Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah ditetapkan tersangka oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

“Kita berharap proses penegakan hukum dijalankan dengan benar, sesuai dengan peraturan yang ada, dan pihak kepolisian terus tetap menjaga independensinya,” ujar Anies di kediaman mantan Wakil Presiden Hamzah Haz, Jalan Patra Kuningan, Jakarta, Rabu (16/11).

Karenanya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut juga berharap, dengan adanya kasus Ahok yang ditangani oleh Bareskrim ini semakin membuat kepolisian mantap dalam bidang penegakan hukum. Bagaimana hukum tidak hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas.

“Jadi kita berharap bahwa dari langkah-langkah yang dilakukan kepolisian itu sepenuhnya untuk penegakan hukum,” katanya.

Sebelumnya, Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono mengatakan, Gubernur DKI Jakarta nonaktif Ahok resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama Islam.

Keputusan ini keluar setelah Bareskrim melakukan gelar perkara semi terbuka, rapat internal dan pemeriksaan sejumlah saksi, ahli maupun barang bukti.

Selain menetapkan Ahok sebagai tersangka, Bareskrim juga memutuskan mencegah Ahok pergi ke luar negeri. Bareskrim juga langsung mengeluarkan surat perintah penyidikan untuk menyidik Ahok dalam kapasitasnya sebagai tersangka.

Sekadar informasi, kasus dugaan penistaan agama ini bermula saat Gubernur DKI Jakarta Ahok dalam kunjungannya ke Kepulauan Seribu mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dengan politisasi ayat suci Alquran menggunakan Surat Al Maidah ayat 51. Dalam ayat tersebut adalah mengharuskan umat Islam tidak memilih pemimpin non muslim. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top