Enggan Intervensi, Komisi III DPR Janji Pelototi Proses Hukum Tersangka Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Enggan Intervensi, Komisi III DPR Janji Pelototi Proses Hukum Tersangka Ahok

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Komisi III DPR berharap agar semua pihak menerima hasil gelar perkara kasus dugaan penistaan agama yang menetapkan Basuki Tjahaja Purnama sebagai tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri.

Semua pihak juga diharapkan mau menyerahkan sepenuhnya pada proses yang akan berlangsung di tingkat penyidikan hingga pengadilan.

Dengan begitu, menurut Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, tidak perlu ada lagi aksi yang dilancarkan terkait kasus dugaan penistaan agama tersebut.

“Kami berharap tidak ada lagi demo-demo terkait kasus tersebut,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam keterangannya, Rabu (16/11).

Kendati demikian, komisi III   akan tetap mengawasi proses hukum terhadap Ahok itu  agar tetap berjalan sesuai koridor hukum yang berlaku.

Anggota Komisi III DPR Adies Kadir menambahkan, pengawasan itu sesuai dengan fungsi DPR.

Sebab, baik Polri,  Kejaksaan, dan Mahkamah Agung merupakan mitra kerja komisi yang membidangi hukum tersebut.

“Kita mengawasi tapi kita tidak intervensi,” tegas politikus Partai Golkar itu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Pengawasan tersebut katanya tetap dalam koridor UU MD3.

“Komisi III akan kawal penyidikan sampai dengan P21 dikirim ke Kejaksaan dan lain-lain. Karena kalau menyangkut dengan hukum bukan hanya Polri tapi ada kejaksaan dan ada pengadilan. Kita ikuti saja,” terangnya.

Kendati demikian, Adies enggan memberikan himbauan apapun kepada pihak kejaksaan. Mengingat Kepolisian akan segera menerbitkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dan merampungkan berkas perkara Ahok untuk diajukan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) di pengadilan.

“Kita hanya bisa sampaikan bahwa bekerja dan mengadililah sesuai peraturan dan UU yang berlaku di negera Indonesia. Jangan mudah diintervensi dan harus sampaikan yang benar itu benar, yang salah itu salah,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top