Gemati Desak Negara Hadir Atasi Persoalan Petani Tembakau – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Gemati Desak Negara Hadir Atasi Persoalan Petani Tembakau

sumber foto: google images

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gerakan Masyarakat Tembakau Indonesia (Gemati) mendesak pemerintah sebagai perwakilan negara, hadir langsung mengatasi persoalan yang sedang melilit para petani tembakau di Indonesia.

“Hadirnya negara dalam penyelesaian persoalan persoalan riil masyarakat petani tembakau menjadi penting,” tegas Sekjen Gemati, Syukur Fahrudin dalam pernyataannya yang diterima Fajar, di Jakarta, Rabu (16/11).

Menurut dia, gonjang ganjing UU Pertembakauan masih menjadi bola panas yang terus diperbincangkan. Namun sayangnya, perbincangan UU pertembakauan tersebut jauh dari derita yg di alami oleh petani tembakau.

Panen raya yang menyisakan isakan duka bagi para petani tembakau lantaran gagal panen. Cuaca yang kurang berpihak sehingga menjadikan kualitas produk tembakau petani buruk hasil produksi tembakau mereka.

Hadirnya negara dalam penyelesaian persoalan persoalan riil masyarakat petani tembakau menjadi penting. Spirit dari UU pertembakauan hendaknya bertumpuk pada kelestarian dan kesejahteraan petani tembakau itu sendiri.

“Kami memilihat bahwa ancaman yg hari ini nyata dan riil harus ditangani,” kata dia.

Gemati meminta pemerintah menjamin adanya pembelian ketika gagal panen yang disebabkan cuaca. Butuh peran pemerintah selaku penikmat cukai dan pabrikan selaku pengguna bahan baku  utama tembakau.

“Selain itu, penataan tataniaga pertembakauan yg sampai saat ini timpang dan merugikan petani tembakau,” ujar dia.

Gemati juga menolak ratifikasi FCTC sebagai bentuk ancaman internasional yang hanya akan membunuh petani tembakau. (fajar).

To Top