Saksi Kasus Pilkada Buton: Saya dengan Umar Saimun Tidak Ada Hubungan Kerjasama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Saksi Kasus Pilkada Buton: Saya dengan Umar Saimun Tidak Ada Hubungan Kerjasama

la-uku

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bekas calon Bupati Buton La Uku menjadi salah satu saksi atas tersangka kasus dugaan suap sengketa Pilkada Buton Samsu Umar Abdul Samiun berinisiatif mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (16/11).

La Uku datang setelah sebelumnya tidak sempat hadir untuk memberikan keterangan dihadapan penyidik KPK. Pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Buton mengaku dirinya tidak menghadiri panggilan pertama lantaran surat panggilan KPK yang diterimanya terlalu mepet dengan jadwal pemeriksaan.

“Sebagai warga negara yang taat hukum, saya datang ke sini untuk memperlancar penyidikan pekerjaan KPK sebagai abdi negara,” kata La Uku saat ditemui disalah satu hotel di Jakarta, Rabu (16/11) malam.

La Uku menjelaskan, dalam proses pemeriksaan dirinya, pertanyaan yang dilontarkan oleh penyidik KPK berkaitan dengan Pilkada Buton. Namun, karena sudah berlalu cukup lama, La Uku mengaku ada beberapa kejadian yang sudah tidak diingat.

“Saya sempat ditanya dengan pertanyaan sejauh mana kerja sama dengan Pak Umar. Kepada penyidik saya bilang tidak ada hubungan sama sekali, saya jalan sendiri dan dia jalan sendiri,” ungkapnya.

Penyidik KPK juga saat itu sempat menanyakan perihal uang Rp1 miliar yang ditransfer Umar Samiun kepada Akil Mochtar di rekening CV Ratu Samagat melalui perantara advokat Arbab Paproeka. “Kalau soal itu saya tidak tahu. Saya sampaikan kepada penyidik bahwa saya tidak tahu,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, La Uku juga membantah perihal pernyataan Agus Feisal Hidayat yang menyebutkan bahwa dirinya melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas perintah Umar Samiun melalui salah seorang advokat Dian Farizka setelah menerima sejumlah uang.

“Oh itu tidak benar sama sekali. Apa yang dikatakan Agus tidak benar adanya. Saya punya pengacara tersendiri dan saya bisa buktikan,” tukasnya. (hrm/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top