Ini Mereka, Para Tersangka yang Siap-siap Tunggu Ajal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

Ini Mereka, Para Tersangka yang Siap-siap Tunggu Ajal

tersangka-narkoba

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Sabu seberat hampir dua kilogram yang diamankan pihak Polres Tarakan bersama Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tarakan pada 22 Oktober lalu, dengan tersangka dua pria berinisial AH dan JM, dimusnahkan pihak kepolisian pagi kemarin, bersamaan hasil tangkapan dari lima tersangka lainnya.

Sekitar pukul 10.00 Wita, Polres Tarakan menyelenggarakan pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu yang diamankan sejak 11 Oktober hingga 4 November 2016, dengan cara dilarutkan di air dalam ember, kemudian dibuang di toilet. Hasil tangkapan dari tujuh tersangka ini mencapai 2,14 kilogram (kg) dimusnahkan Polres Tarakan dengan melibatkan pihak KPPBC Tarakan, Laboratorium Kesehatan Daerah, Kejaksaan Negeri Tarakan, serta Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tarakan.

Tertangkapnya AH dan JM ini berawal saat pihak KPPBC Tarakan berhasil mengamankan AH tepat di depan gedung BRI di Jalan Yos Sudarso pada 22 Oktober lalu, dikala AH hendak melarikan diri. Setelah berhasil ditangkap, didapati enam bungkus sabu, dengan total 922,8 gram yang dibawa AH. AH kemudian diserahkan kepada pihak Polres Tarakan. Selanjutnya melalui personel Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Tarakan, kasus ini dikembangkan hingga akhirnya tertangkap JM, rekan AH, di salah satu hotel melati, dengan barang bukti sabu dari enam bungkus dengan total seberat 19,31 gram.

Selain sumber sabu dari AH dan JM yang dimusnahkan kemarin, sabu ini juga berasal dari tersangka pria berinisial FE, yang diamankan pada 20 Oktober lalu, dengan barang bukti delapan bungkus sabu seberat 12,02 gram. Lalu dari hasil penangkapan dari Polsek Tarakan Timur terhadap SA pada 11 Oktober lalu, dengan barang bukti delapan bungkus kecil plastik sabu seberat 10,02 gram.

Selanjutnya tersangka dengan inisial NA, yang telah diamankan Polsek Tarakan Timur pada 19 Oktober, dengan tiga bungkus kecil sabu seberat 3 gram. Kemudian, tersangka berinisial BA yang diamankan pada 23 Oktober, dengan menyita barang bukti 72 bungkus plastik sabu seberat 43,17 gram. Terakhir, tersangka berinisial ER, yang ditangkap pada 4 November lalu, dengan barang bukti sabu sebanyak delapan bungkus plastik dengan total 6,65 gram.

Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Michael H.R Supit yang turut menghadiri pemusnahan sabu ini mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Tarakan, KPPBC Tarakan, serta Kejaksaan Negeri Tarakan yang sudah berani menindak segala bentuk kejahatan dari kasus narkoba. “Untuk pemberantasan narkoba ini, mohon kerja samanya dari semua pihak agar perlu ditingkatkan kembali. Kami juga mengimbau kepada warga Tarakan untuk menjauhi narkoba karena bisa merusak generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Reskoba Tarakan AKP Simon Tammu mengatakan, dari tujuh tersangka dengan total barang bukti yang dimusnahkan mencapai 114 bungkus dengan berat 2.014,56 gram atau sekitar 2 kilogram lebih, namun ada tujuh bungkus sabu yang tetap diamankan untuk dijadikan alat bukti di persidangan. “Para tersangka ini akan dikenakan pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup dan hukuman mati,” jelasnya. (*/sep/ash)

loading...
Click to comment
To Top