Kemenhub Tambah Lima Trayek Tol Laut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Kemenhub Tambah Lima Trayek Tol Laut

kapal-tol-laut

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan akan menambah lima trayek kapal dalam program tol laut menjadi total 11 trayek pada 2017 nanti. Saat ini, enam trayek yang lalu lalang di perairan Indonesia dioperasikan PT Pelni. Untuk penambahan lima trayek, Kemenhub membuka kesempatan pihak swasta untuk mengikuti tender.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Bay M. Hasani mengatakan, dengan melibatkan swasta diharapkan program tol laut berjalan lebih baik.

“Sekarang kita sedang siapkan dokumen lelangnya, speknya, AVS-nya dan memang baru diketok anggarannya, baru disahkan oleh DPR. Namun walau belum jadi dokumen anggaran di kita, dalam bulan ini kita akan lelang dengan cara tidak mengikat,” kata Bay di kantornya, Jakarta, Kamis (17/11).

Menurutnya, lima trayek tambahan yang akan digulirkan tidak semuanya melayani trayek baru, melainkan tiga trayek baru dan dua trayek crossing atau pulang pergi. Dengan begitu frekuensi dari pelayaran menjadi lebih singkat dan waktu tempuh lebih cepat.

Untuk rencana penambahan trayek, Kemenhub telah menyiapkan anggaran Rp 160 miliar yang merupakan dana dari APBN 2017. Sementara untuk enam trayek yang sudah ada akan tetap diberikan subsidi sebesar Rp 218 miliar.

“Jadi, ini tetap harus disubsidi, kalau tidak disubsidi nanti tidak jalan. Tapi nanti kan ada penghematan kalau per-voyage-nya, load factor-nya sudah meningkat,” demikian Bay. (Fajar/RMOL/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top