Nha Lho.. 7 Polisi Hadapi Pemecatan Karena Kasus Pungli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

Nha Lho.. 7 Polisi Hadapi Pemecatan Karena Kasus Pungli

142126_429351_142018_981662_polisi
ilustrasi

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN  –  Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) tidak hanya fokus terhadap pemberantasan pungli di instansi publik pemerintahan. Sebelum dibentuk Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Polda Kaltim pun telah melakukan pembersihan pungli di internalnya.

Hal ini disampaikan Kabid Propam Polda Kaltim, Kombes Pol Deden Garnada. Sepanjang tahun 2016, sebanyak tujuh orang anggota kepolisian sedang dalam proses hukum keanggotaan karena terbukti melakukan pungli.

“Mereka ini lima di antaranya terungkap dalam operasi tangkap tangan (OTT), sedangkan dua lainnya terungkap berdasarkan penyelidikan yang dilakukan karena laporan masyarakat,” paparnya, ditemui kemarin (16/11) selepas kegiatan FGD Saber Pungli di Mapolda Kaltim.

Terkait hal ini, Deden juga mengatakan apabila korban dari tindak pungli tersebut merasa keberatan, maka oknum kepolisian yang terlibat pungli dapat dipidanakan. Namun begitu, proses sidang internal Polri masih terus berjalan.

“Seperti pengalaman di Sulawesi Tengah (Sulteng), anggota dengan pangkat AKBP diproses pidana terlebih dahulu, baru dilakukan PTDH (pemberhentian dengan tidak hormat),” paparnya. Namun demikian, ketujuh kasus yang melibatkan oknum anggota kepolisian itu memang ditangani sejak Satgas Saber Pungli belum dibentuk.

loading...
Click to comment
To Top