148 SMA Se-Indonesia Akan Perebutkan Piala Bergilir Presiden hingga Tabungan Rp60 di Lomba Sains Nasional 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

148 SMA Se-Indonesia Akan Perebutkan Piala Bergilir Presiden hingga Tabungan Rp60 di Lomba Sains Nasional 2016

peserta lomba pekan sains nasional 2016

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Antusiame para siswa yang mengikuti  Perlombaan Pekan Sains Nasional 2016 yang digelar oleh Institut Pertanian Bogor begitu terlihat. Mereka akan mengikuti 7 mata lomba, yaitu  yaitu Kompetisi Statistika Jr, Meteorologi Interaktif, Lomba Cepat Tepat Biologi, Chemistry Challenge, Matematika Ria, Computer Problem Solving Competition, dan Kompetisi Fisika.

Menurut Tim Khusus Perlombaan Pesta Sains Nasional (PSN), Dessy, akan diadakan dua hari yaitu, hari Sabut, (19/11), dan Minggu, (20/11), di Bogor. Hari pertama, Sabut, peserta akan mengikuti tahap penyisihan, kemudian besoknya masuk ke semifinal dan final.

“Peserta diharuskan menjawab soal yang disediakan panitia, dengan sistem penilaian masing-masing berbeda tiap sub-lomba,” terang Dessy.

Sedangkan untuk lomba STEM Young Researcher Awards dan Lomba Karya Ilmiah Populer, jelasnya diadakan secara terpisah lantaran berbeda sistem.

Peserta diharuskan mengupulkan hasil riset mereka ke dewan juri sebelum event dimulai, diseleksi, dan mempresentasikannya di hadpan para juri saat perlombaan berlangsung.

Dewan juri berasal dari tim dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta dibantu oleh Tim Khusus dari kalangan Panitia.

Para peserta memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI, Piala Bergilir Mendiknas RI, Piala Bergilir Menristek RI, Piala Bergilir BMKG RI, trofi kristal USAID, serta tabungan pendidikan total 60 juta rupiah. (m2/fajar)

 

Click to comment
To Top