Ini 6 Ucapan Khas Sutan Bhatoegana yang Tetap Dikenang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini 6 Ucapan Khas Sutan Bhatoegana yang Tetap Dikenang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sutan Bhatoegana kerap mewarnai layar TV swasta ketika masih aktif di DPR RI. Mantan Ketua Komisi VII DPR RI itu dikenal jago debat. Retorikanya cukup bagus, energik, kocak, dan pintar ngeles.

Tak jarang lawan debatnya kesal lantaran ulah Sutan Bhatoegana. Politikus Partai Demokrat itu cukup piawai memainkan mimik, gestur tubuh hingga ekpresinya saat debat.

Sutan sering terlihat sangat menggebu-gebu dalam menyampaikan pendapat hingga memperlihatkan ekspresi sangat marah. Namun beberapa saat kemudian. ekspresi itu berubah 180 derajat hingga suasanya kembali cair.

Tak hanya itu, Sutan Bhatoegana juga kerap menyisipkan istilah-istilah khas dalam menyampaikan pendapat. Ucapan khas Sutan Bathoegana tersebut kerap ditiru dan dikutip para pejabat, politisi, maupun masyarakat biasa.

Berikut 6 ucapan khas Sutan Bhatoegana yang kerap ditiru dan dikutip pejabat dan politi.

  1. Ngeri-ngeri Sedap

Ucapan ‘ngeri-ngeri sedap’ paling sering digunakan Sutan Bhatoegana saat menjadi narasumber di TV, wawancara dengan wartawan, maupun saat berpidato. Ucapan ini juga yang paling sering ditiru orang lain.

  1. Masuk Tuh Barang

Ucapan khas ‘Masuk Tuh Barang’ biasanya digunakan Sutan Bathoegana saat dia menghubungkan satu persoalan dengan persoalan lain yang saling terkait. Kalimat ini diungkapkan untuk menunjukkan bahwa pokok persoalan yang jadi perbincangan sudah nyambung atau sudah klop.

  1. SDM (Selamatkan Diri Masing-masing)

Ucapan BBM (Bersih, Berani, Merakyat) juga beberapa kali diucapkan Sutan Bhatoegana. Ucapan SDM kerap ditiru orang lain untuk menggambarkan sikap seseorang yang tak mau terlibat dalam sebuah masalah.

“Kita butuh pemimpin yang BBM (Bersih, Berani, Merakyat ) bukan yang SDM (Selamatkan Diri Masing-masing),” ucap Sutan Bhatoegana.

  1. Ikan Salmon

Sutan Bhatoegana beberapa kali menyindir pengamat dan lawan politiknya yang asal ngomong. Sutan menyebut orang seperti itu adalah ‘Ikan Salmon’. Ikan Salmon yang dimaksud Sutan bukanlah prilaku ikan Salmon, melainkan singkatan dari Intelektual Kagetan Asal Ngomong (Ikan Salmon).

  1. Ikan Teri

Selain ikan Salmon, Sutan juga pernah menyebut lawan politiknya dengan istilah ‘Ikan Teri’, yakni mau terima tidak mau memberi.

  1. Sorry My Love

Ucpan ‘Sorry My Love’ juga sering dilontarkan Sutan Bhatoegana. Ucapan ini disampaikan Sutan untuk ngeles dari tuduhan atau tudingan yang dialamatkan kepadanya maupun kepada partainya.

Kini, ucapan khas itu akan tetap dikenang meski Sutan Bathoegana telah meninggal dunia. Sutan menghembuskan nafas terakhir di RS BMC Bogor Jawa Barat, Sabtu (19/11) sekitar pukul 08.00 WIB. Sutan Bhatoegana dimakamkan di Pemakaman Giri Tama, Tonjong, Parung, Bogor ba’da Shalat Ashar, Sabtu 19 November 2016. (Fajar/pojoksatu)

Click to comment
To Top