PARAH! Danau Seindah ini, Malah Dijadikan Tempat Mesum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

PARAH! Danau Seindah ini, Malah Dijadikan Tempat Mesum

danau
DAnau Seran

Pesona Danau Seran memang tak terbantahkan, setiap bulan jumlah pengunjungnya terus bertambah. Namun siapa sangka? di balik keindahan danau yang terletak di Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin tersebut diam-diam telah dikotori oleh aktivitas-aktivitas mesum yang dilakukan oleh para pasangan muda-mudi.

—-

Ya, di sekitaran danau bekas tambang milik PT Galuh Cempaka itu disebut-sebut seringkali dijadikan lokasi mesum oleh pasangan bukan suami istri. Lokasi favorit pasangan mesum ialah di semak-semak yang berada di sekeliling danau.

Dugaan pernah ada yang mesum di lokasi Danau seran dikuatkan dengan pengakuan salah satu pedagang pentol, Suwito. Pedagang yang sehari-harinya berjualan di sekitaran Danau Seran itu mengaku pernah melihat dua sejoli sedang berbuat mesum di semak-semak, tepat di bibir danau. “Saya lihat dengan mata kepala saya sendiri. Cowoknya berdiri dan perempuannya nungging,” katanya kepada Radar Banjarmasin.

Kelakuan tak senonoh dua sejoli itu ia lihat sekitar enam bulan yang lalu, ketika dirinya bermaksud untuk berjualan di daerah Danau Seran. Saat berkendara melintasi lokasi yang dipenuhi dengan semak-semak, di perjalanan ia tak sengaja melihat ada dua orang di balik semak-semak. Matanya pun langsung menuju ke dua orang itu. “Saya lihat sambil berkendara, sangat jelas celana mereka sama-sama kedodoran. Tapi saya tidak berani mendekat karena takut, soalnya saya di sini pendatang,” ujar pria yasal Nganjuk, Jawa Timur ini.

Adanya praktik mesum di Danau Seran dibenarkan oleh pihak pengelola, Anang. Namun, menurutnya kejadian tersebut sering terjadi ketika Danau Seran belum menjadi tempat wisata. “Itu dulu waktu di sini masih sepi, sekarang sudah banyak orang jadi tidak ada yang berani,” katanya.

Ia menuturkan, Danau Seran sendiri sudah mulai didatangi wisatawan sekitar tujuh bulan yang lalu. Meski terbentuk dari sisa-sisa lubang eksplorasi yang terbengkalai, danau yang sempat tak dilirik ini mulai jadi tempat favorit di Banjarbaru. “Banyak yang datang sekarang, dalam sehari bisa sampai 50 orang lebih yang datang,” ujarnya.

Banyaknya pengunjung yang datang membuat masyarakat sekitar serius mengelolanya, yaitu dengan cara menyediakan perahu agar wisatawan dapat menyeberang ke pulau. Selain itu pengelola juga membuka area parkir dan menambah perlengkapan-perlengkapan untuk menambah keindahan. “Itu ada nama Danau Seran di pinggir danau, itu kami yang membuat supaya tambah indah,” kata Anang.

Pengunjung sendiri biasanya datang di sore hari, karena ingin melihat matahari mulai tenggelam dengan sinar yang memerah hingga membuat lukisan alam yang begitu indah. “Apalagi kalau hari Minggu, yang datang bisa sampai ratusan,” tambahnya.

Rusdi, salah seorang pengunjung danau kepada Radar Banjarmasin mengatakan pernah tak terduga menemukan kondom di bawah pepohonan di Danau Seran. Saat itu, ia bersama pacarnya duduk mencari tempat duduk untuk menikmati senja. “Eh, pas duduk ternyata ada bekas kondom di depan,” ucapnya tertawa.

Sementara itu, Adi, salah satu wisatawa mengaku takjub dengan keindahan Danau Seran, karena memiliki keindahan yang alami meskipun notabene bekas lubang galian tambang. “Pepohonan hijau yang tumbuh di sekeliling danau, membuat danau ini seperti alami,” ujarnya.

Ia yakin, para wisatawan yang tidak tahu asal-usul danau tersebut tidak akan menyangka bahwa danau merupakan bekas tambang yang tidak direklamasi. “Apalagi sore, mantap pemandangannya,” katanya, yang mengaku mengetahui keindahan Danau Seran dari Media Sosial. (ris)

loading...
Click to comment
To Top