Siap-siap, Giliran KPK Incar Korupsi Proyek e-KTP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Siap-siap, Giliran KPK Incar Korupsi Proyek e-KTP

KTP-1

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut dugaan keterlibatan sejumlah pihak yang diuntungkan dari korupsi proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) pada 2011-2012. Tak terkecuali peran penyelenggara negara saat proyek itu bergulir.

“Oh iya. Termasuk penyelenggara negara,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Sabtu (19/11).

Namun, Alexander enggan mengungkap identitas penyelenggara negara yang diduga terlibat kasus e-KTP tersebut. Menurut Alex, penyidik masih terus bekerja menggali fakta dan bukti yang kuat untuk menjerat sang penyelenggara negara.

“Kami masih butuh alat bukti lain, kami butuh proses,” ujar mantan hakim adhoc Pengadilan Tipikor Jakarta itu.

Bukan tanpa alasan KPK meyakini dugaan keterlibatan pihak lain. KPK menduga terdapat pihak selain mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Penduduk pada Ditjen Dukcapil Kemendagri, Sugiharto dan Irman selaku mantan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Dukcapil Kemendgari atau Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Kami punya keyakinan tidak mungkin proyek sebesar itu cuma melibatkan PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) atau KPA (Kuasa Pengguna Anggara) nya saja,” jelas Alex.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang juga menegaskan penyidik masih mendalami keterlibatan pihak lain dalam kasus yang diduga merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. Selain itu, penyidik KPK juga mendalami banyaknya transaksi terkait proyek tersebut.

Dalam proses itu, kata Saut, KPK akan menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Yang jelas kuncinya begini aja. Kita dan PPATK akan koordinasi untuk jelas melihat peran seseorang untuk kita ketahui perannya lebih dalam. Ini kerja sama ini lebih baik,” ujar Saut. (fajar/jpg)

loading...
Click to comment
To Top