Ini Persiapan Ahok Jelang Pemeriksaan Sebagai Tersangka Besok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Persiapan Ahok Jelang Pemeriksaan Sebagai Tersangka Besok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dikabarkan absen dalam ritual pengaduan warga, Selasa (22/11) besok di Rumah Lembang.

Kabar tersebut dikatakan oleh Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Tim Pemenangan Basuki-Djarot, Pantas Nainggolan.

Ketidakhadiran Ahok bukan tanpa alasan. Eks Bupati Belitung Timur itu harus menjalani pemeriksaan pertama usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus penistaan agama oleh Bareskrim Polri.

Kendati jagoannya akan diperiksa, Pantas mengatakan bahwa tidak ada persiapan khusus menghadapi pemeriksaan. Sebab, kata dia, semua data dan keterangan telah diserahkan kepada pihak berwenang.

“Itu menunjukan Pak Ahok sangat kooperatif. Sebelum dipanggil Pak Ahok sudah datang ke sana (Badan Reserse Kriminal Mabes Polri), dokumen pendukung juga sudah diserahkan,” kata Pantas di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/11).

Politikus PDIP tersebut berujar, kehadiran Ahok di Bareskrim akan didampingi oleh tim hukum yang ditunjuk oleh mantan Anggota Komisi II DPR itu.

Dia sendiri bahkan tidak bisa memastikan jumlah penasehat hukum yang ikut hadir dalam pemeriksaan. Pasalnya, tim kuasa hukum untuk kasus yang menjerat Ahok berada di luar tim pemenangan.

“Peristiwa itu ‘kan  bukan bagian dari kampanye. Jadi nanti penunjukannya terserah Pak Ahok. Mungkin dari tim hukum ini sebagian akan dilibatkan. Pada hakekatnya ada surat kuasa sendiri dari beliau,” jelasnya.

Pemeriksaan terhadap Ahok akan dilakukan di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, sama seperti sebelumnya. Badan Reserse Krimin Polri (Bareskrim) Mabes Polri juga telah memeriksa sejumlah saksi dan pelapor.

Di antaranya Sekretaris Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman, Sekretaris Jenderal DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta, Novel Chaidir Hasan Bamukmin alias Habib Novel, dan mantan biarawati Irena Handono. (Fajar/JPG)

To Top