Mendagri Berikan Materi Pilkada ke Intel Polri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Mendagri Berikan Materi Pilkada ke Intel Polri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyambangi Mabes Polri, hari ini (21/11). Kedatangan Tjahjo untuk memberikan materi fokus pengamanan dalam Pilkada serentak pada 2017 mendatang.

Dia mengatakan, kepolisian mulai intelkam Mabes Polri sampai polda memiliki jaringan intelejen. Nah, jaringan kepolisian ini harus dikoordinasikan dan disingkronkan dengan intelijen yang dimiliki TNI. Begitu juga jaringan intelijen di kejaksaan.

“Termasuk dari derah itu ada kesbangpol,” kata dia di Mabes Polri, Senin (21/11).

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan gelagat dinamika aktivitas di daerah. Hal itu, kata dia, harus difokuskan supaya penyampaian kebijakan dari pusat bisa sampai ke daerah tanpa terpotong. Untuk itu, dia menerangkan, Kemendagri telah membentuk forum pimpinan daerah di tingkat kecamatan.

“Seorang camat tidak sendiri tapi ada kapolsek, babinsa juga. Tapi juga harus melibatkan tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat. Pertemuan rutin tidak hanya kalau ada gejolak seperti di DKI ini,” katanya.

Untuk pilkada, Tjahjo, berpesan pada kepolsian untuk mempetakan daerah yang bisa menimbulkan gejolak. Meski yang menjadi fokus saat ini adalah DKI Jakarta sebagai barometer.

“Tapi ingat masih ada 101 lokasi pilkada itu yang harus dicermati dan harus dipetakan wilayah yang sampai tingkat TPS mana saja yang rawan sehingga pengalaman lalu akan solid,” ucapnya.

Hal ini kata dia menjadi modal dasar pilkada serentak tahun 2018. Karena di tahun itu ada daerah besar seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jateng, Jatim, dan Papua.

“Saya kira ini masuk wilayah besar. Pilkada 2018 untuk pileg dan pilpres di tahun 2019,” tambahnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top