Wakil Bupati dan Anggota DPRD Buton Kembali Dipanggil KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Wakil Bupati dan Anggota DPRD Buton Kembali Dipanggil KPK

194013_461519_kpk_jpcom

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Bupati Buton non aktif La Bakry, kembali dipanggil KPK, (21/11). Panggilan tersebut merupakan panggilan keduanya setelah sebelumnya mangkir dari panggilan pertama beberapa waktu lalu.

Selain La Bakry, KPK juga mengagendakan pemeriksaan terhadap anggota DPRD Buton yan juga merupakan salah satu mantan calon bupati buton, La Uku saat pilkada lalu. Panggilan untuk La Uku juga merupakan panggilan untuk kedua kalinya.

Pada panggilan pertama, La Uku sempat tidak hadir, namun atas inisiatif sendiri, beberapa hari kemudian La Uku mendatangi KPK untuk memberikan keterangannya.
La Bakry dan La Uku diperiksa sebagai saksi atas tersangka Bupati Buton periode 2012-2017 Samsu Umar Abdul Samiun atas dugaan suap sengketa Pilkada Kabupaten Buton di Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap mantan Ketua MK Akil Mochtar yang telah divonis seumur hidup oleh majelis hakim tipikor.
Untuk diketahui, dalam persidangan lalu di Pengadilan Tipikor, Umar Samiun mengaku memang mentransfer uang Rp1 miliar ke rekening CV Ratu Samagat yang belakangan diketahui dalam persidangan merupakan milik istri dari Akil Mochtar.

Transfer uang tersebut juga dilakukan atas paksaan advocat Arbab Paproeka dengan ancaman jika tidak diberikan uang maka kemenangan Umar Samiun-La Bakry akan dianulir oleh Akil Mochtar. (hrm/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top