Wiranto Setuju Demo 212 Digelar, Asal… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Wiranto Setuju Demo 212 Digelar, Asal…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pertemuan pemuka lintas agama di kantor Kementerian Kordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) yang berjalan tadi membahas rencana demonstrasi 2 Desember.

Menko Polhukam, Wiranto, mengaku sudah mendapat janji bahwa demonstrasi akan berlangsung “super damai”.

“Intinya tadi yang sangat menggembirakan bahwa dari semua pihak yang akan berdemonstrasi, apakah tanggal 25 November atau 2 Desember, akan berlangsung damai. Bahkan, tadi dikatakan super damai,” ujar Wiranto usai pertemuan tersebut di kantornya, Jakarta, Senin (21/11/2016).

Wiranto mengatakan, jaminan aksi akan berlangsung damai disampaikan langsung oleh sejumlah pemuka dan perwakilan Ormas keagamaan.

“Ini jaminan yang menggembirakan bahwa demonstrasi damai tanpa perlu mengganggu ketentaraman orang lain. Beberapa tokoh dari HMI, Muhamadiyah, NU FPI, tadi menyatakan seperti itu,” ujarnya.

Meski begitu, Wiranto akan tetap menginstruksikan institusi yang ada di bawah koordinasinya untuk mengawal demonstrasi yang digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) itu.

“Pemerintah juga akan membuat kebijakan untuk membangun suasana dingin, tenang, dan kondusif,” jelasnya.

Dalam pertemuan silaturahmi tokoh lintas agama itu, hadir Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) KH Marsudi Syuhud, Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Siti Hartati Murdaya hingga perwakilan Akademi Protestan Indonesia (API) Harsanto Adi Soekamto.

Selain itu, hadir juga Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto, Ketua DPP HTI Rokhmat S. Labib, Pimpinan Pusat Majelis Tafsir Al Quran (MTA) Ahmad Sukina, dan Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR) Lutfi Hakim.

Serta, Sekretaris Bidang Ideologi dan Kesatuan Bangsa, Parisada Hindu Dharma Indonesia Astono Chandra Dana, perwakilan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Guido Suprapto, dan perwakilan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri. (Fajar/pojoksatu)

To Top