Astaga..!!! Selain Maen Gula, Irman juga Tawarkan Jasa Urus Perkara di Kejaksaan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Astaga..!!! Selain Maen Gula, Irman juga Tawarkan Jasa Urus Perkara di Kejaksaan

BERKUNJUNG : Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menemui Ketua  DPD RI  Ketua DPD RI, Irman Gusman , Rabu (10/8) di Komplek Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.Pertemuan yang berlangsung tertutup ini salah satunya membahas pemotongan anggaran pada lembaga yang sebelumnya dikenal sebagai utusan daerah tersebut.FOTO :CHARLIE.LOPULUA/INDOPOS

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Selain terkait soal kasus korupsi gula, bekas Ketua DPD RI Irman Gusman juga kerap mengurus perkara di Kejaksaan.

Irman terungkap menjanjikan bantuan untuk mengurus perkara pengusaha asal Padang, Direktur CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto di kejaksaan.

Sutanto merupakan tersangka kasus penjualan gula tanpa Standar Nasional Indonesia (SNI) yang ditangani Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat.

Hal tersebut terungkap dalam percakapan telepon antara Irman Gusman dan Xaveriandy Sutanto yang diputar Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK dalam sidang Sutanto dan istrinya Memi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (22/11).

Dalam percakapan itu, Irman Gusman mengatakan kepada Sutanto agar tidak terlalu memikirkan perkara yang menjeratnya.

Irman bahkan berjanji kepada Sutanto akan menghubungi pihak Kejati Sumbar untuk mengurus perkara tersebut.

Meski demikian, Irman berdalih bahwa ucapannya kepada Sutanto hanya sebatas ucapan menenangkan.

Dia menyebut hal itu karena sebagai ketua DPD dirinya harus mendengarkan keluhan permasalahan dari konstituen di daerah pemilihannya.

“Ya kan dia ketakutan, dia konstituen saya, ya saya beri jaminan keamanan,” ujar Irman menjawab pertanyaan Jaksa Ahmad Burhanuddin.

Irman pun membantah telah menelepon pihak Kejati Sumbar untuk membantu pengurusan perkara Sutanto.

Dalam percakapan itu pula, Irman mengatakan kepada Sutanto agar tidak perlu khawatir karena dia memiliki uang dan banyak relasi di Padang. Namun, lagi-lagi Irman berkelit.

“Maksud saya Pak Tanto kenapa khawatir, kalau ada apa-apa kan bisa pake pengacara. Itu kan butuh uang,” kata dia.

Perkara penjualan gula tanpa SNI merupakan kasus yang membuka dugaan suap kepada Irman Gusman.

Awalnya, KPK menyelidiki dugaan pemberian uang Sutanto pada Jaksa Penuntut Umum Kejati Sumbar Farizal.

Pemberian duit sebesar Rp 365 juta terkait penanganan penjualan gula oleh CV Rimbun Padi Berjaya tanpa label SNI di Sumbar yang tengah bergulir di Pengadilan Negeri Padang.

Di tengah peyelidikan perkara ini, KPK mengetahui ada pemberian duit buat Irman tapi dalam perkara berbeda.

Irman diduga menerima duit Rp 100 juta terkait pengurusan kuota gula impor yang diberikan bulog pada CV Semesta Berjaya tahun 2016 di Sumbar.

loading...
Click to comment
To Top